Menghayati Ajaran Fransiskus dalam Lagu

64
Vitra Choir saat tampil di panggung Function Hall Vitra Panti Asuhan (PA) Vincentius Putra, Kramat, Jakarta Pusat, Sabtu, 12/10.
[HIDUP/Hermina Wulohering]
Menghayati Ajaran Fransiskus dalam Lagu
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Mengenakan jubah cokelat dengan paduan ikat pinggang tiga simpul ala biarawan Fransiskan, Kevin memerankan St Fransiskus Asisi di panggung Function Hall Vitra Panti Asuhan (PA) Vincentius Putra, Kramat, Jakarta Pusat, Sabtu, 12/10.

Pentas itu bukan drama, melainkan konser paduan suara. Ia dan 69 anak PA Vincentius Putra yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler Vitra Choir membawakan sejumlah lagu yang sesuai dengan tema konser malam itu, Francis’ Dream. Salah satu lagu yang dibawakan, Make Me a Channel of Your Peace.

Tak hanya merdu, putra-putra Vincentius menyanyikan lagu tentang ajaran St Fransiskus secara penuh penghayatan. Hampir semua lagu yang dibawakan berbahasa Inggris. Pelatih dan konduktor, Rubijanto Soetanto, mengatakan, selain mempelajari lagu dan teknis bernyanyi, anak-anak juga belajar menghayati makna lagu-lagu tersebut.

Dalam kalender liturgi, St. Fransiskus Asisi diperingati tiap 4 Oktober. Konser Francis’ Dream juga menjadi peringatan 800 tahun kunjungan St Fransiskus kepada Sultan Mesir, Malek al-Kamil di Damietta, saat Perang Salib.

Pimpinan panti, Pastor Daniel Dedie Kurniadi OFM, yang juga berperan sebagai pemandu acara mengatakan konser malam itu selain menjadi ajang unjuk bakat putra-putra Vincentius, juga ingin memperkenalkan spiritualitas St Fransiskus. “Banyak karya St Fransiskus yang patut kita teladani, di antaranya, ajarannya yang terkenal; jadikan aku pembawa damai. Ia juga santo yang mencintai lingkungan hidup,” katanya.

Tahun depan, dalam rangka 165 tahun Perhimpunan Vincentius Jakarta, Vitra Choir akan kembali tampil bersama tiga anggota perhimpunan lain, yaitu PA Vincentius Putri, PA Desa Putra, dan PA Pondok Si Boncel.

Hermina Wulohering

HIDUP NO.42 2019, 20 Oktober 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here