Profesor Stefan Walter Hell : Kejutan untuk Peraih Nobel

39
Profesor Stefan Walter Hell.
[writeopinions.com]
Profesor Stefan Walter Hell : Kejutan untuk Peraih Nobel
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus kembali membuat kejutan. Pada Senin, 21 Juli lalu, dia menunjukkan peraih Nobel Kimia 2014, Profesor Stefan Walter Hell sebagai Anggota Biasa Akademi Kepausan untuk Ilmu Pengetahuan. “Saya terkejut dan sangat senang dengan tugas ini. Akademi ini salah lembaga bergengsi dalam ilmu-ilmu pengetahuan karena berurusan dengan banyak masalah yang saat ini dihadapi umat manusia,” kata ayah empat anak ini.

Kelahiran Arad, Rumania, 23 Desember 1962, sebelumnya menjabat sebagai direktur Institut Max Planck untuk Kimia Biofisika di Göttingen, dan Institut Max Planck untuk Penelitian Medis di Heidelberg, Jerman. Profesor Hell meraih gelar doktor dalam bidang Fisika dari Universitas Heidelberg pada 1990. Kemudian, ia bekerja di Laboratorium Eropa Biologi Molekuler dari 1991 hingga 1993. Ia juga menjadi peneliti senior di Universitas Turku, Finlandia dan Universitas Oxford.

Dia mengatakan, tidak memiliki rencana khusus mengenai perannya di Akademi Kepausan untuk Ilmu Pengetahuan. “Saya berharap, bisa memberikan kontribusi dalam sejumlah persoalan ilmu pengetahuan yang sedang dihadapi lembaga tersebut,” ujarnya seperti dikutip vaticannew.va. Akademi Kepausan untuk Ilmu Pengetahuan didirikan Paus Pius XI pada 1936. Lembaga ini bertujuan untuk mempromosikan kemajuan ilmu matematika, fisika, bioetika, dan epistemologi.

Y. Prayogo

HIDUP NO.38 2019, 22 September 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here