Wujud Berkat Tuhan

15
Pementasan Punakawan pada Perayaan Hari Pangan Sedunia dan Peringatan 90 tahun pemberkatan Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo, Yogyakarta.
[HIDUP/H. Bambang S]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Paroki St Perawan Maria Lourdes Promasan merayakan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 dan memperingati 90 Tahun Pemberkatan Gua Maria Lourdes Sendangsono di Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu, 20/10. Perayaan ini mengusung tema “Bersama Bunda Maria dengan Kenduri HPS Mewujudkan Kesejahteraan Bersama (Bonum Cummune) di Tengah Masyarakat Multikultur”.

Pada perarakan persembahan, umat dari tujuh wilayah di Paroki Promasan mempersembahkan tujuh ingkung dan tujuh nasi tumpeng. Persembahan ini menjadi wujud syukur umat atas berkat Tuhan yang selama ini mereka terima.

Romo Kristoforus Rhesa Alem Pramudita mengungkapkan, perayaan HPS menjadi ungkapan syukur atas pangan yang selalu tersedia yang merupakan wujud nyata dari berkat Tuhan. Untuk itu, dalam perayaan ini, setiap orang juga diajak untuk berbagi berkat itu. “Makanan yang kita nikmati hari ini adalah wujud berkat Tuhan,” ujarnya.

Setelah Perayaan Ekaristi, umat dan para peziarah merasakan pesta berbagai menu makanan yang disediakan oleh umat paroki setempat. Pada kesempatan ini, umat menikmati nasi jagung dengan lauk kentang dan daun pepaya. Perayaan ditandai dengan pelepasan burung merpati dan penyerahan bibit tanaman serta benih ikan untuk umat di wilayah Paroki Promasan.

H. Bambang S

HIDUP NO.44 2019, 3 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here