Pernak-pernik Pembukaan Sidang KWI: Dari Tema Natal hingga Kunjungan Paus ke Indonesia

828
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo, memberikan sambutan dalam pembukaan Sidang KWI. (HIDUP/Yanuari Marwanto)
Pernak-pernik Pembukaan Sidang KWI: Dari Tema Natal hingga Kunjungan Paus ke Indonesia
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – ADA sejumlah pernak-pernik pada pembukaan Sidang Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), di Bumi Silih Asih Keuskupan Bandung, Jalan Moch. Ramdan, Regol, Bandung, Jawa Barat, Senin, 4/11.

Warna sari ini merupakan rencana kegiatan KWI selama tahun 2020, yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC. Pertama, renovasi gedung KWI di Jalan Cut Meutiah, Menteng, Jakarta Pusat, akan mulai dibangun pada November tahun ini. Peletakan batu pertama akan berlangsung pada Kamis, 14 November 2019, pukul 16.30 WIB. Usai itu, para uskup menerima undangan jamuan makan malam di Kedutaan Besar Vatikan untuk Indonesia.

Kedua, pada Oktober 2020 akan berlangsung Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI). Pertemuan tiap lima tahun ini rencananya akan mengulas soal orang muda. Topik ini merupakan tindak lanjut dari hasil Sinode Para Uskup tentang Orang Muda di Vatikan pada 2018 lalu. Komisi Kepemudaan KWI bakal menjadi koordinator SAGKI tahun depan.

Ada masukan agar topik orang muda dapat dielaborasikan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebab, tahun 2020, merupakan peringatan ulang tahun ke-75 kemerdekaan Indonesia. SAGKI tahun depan rencananya akan berlangsung di Cipanas, Jawa Barat.

Ketiga, bulan November 2020, akan ada perayaan pesta emas (50 tahun) Konferensi Para Uskup se-Asia (Federation of Asian Bishops Conference/FABC). KWI berencana akan mengutus sepuluh uskup untuk menghadiri pertemuan dan perayaan emas FABC yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand. Pada bulan yang sama, Keuskupan Agats-Asmat juga merayakan ulang tahun ke-50 keuskupan itu berdiri.

Keempat, pada akhir Oktober hingga awal November 2020, akan berlangsung Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik yang kedua. Lomba paduan suara dan seni ini akan berlangsung di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kelima, tema Natal tahun ini adalah “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang”. Draf pembahasan tema tersebut disiapkan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Keenam, dalam pembukaan sidang juga sempat disinggung soal rencana kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Bapa Suci kemungkinan besar akan mengadakan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 2021.

 

Yanuari Marwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here