Paroki Santo Damian Sabet Juara Umum Pesparani Kota Batam 2019

141
Paduan Suara Paroki St. Damian dalam Pesparani Kota Batam. Dok.Istimewa
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com –¬†PADUAN suara Paroki St. Damian Bengkong, Batam, meraih juara umum pada lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Kota Batam Tahun 2019. Pengumuman juara disampaikan pada hari terakhir perhelatan lomba, di Aula Gedung Serbaguna Gereja St. Petrus Lubukbaja Batam, Minggu (10/11) malam.

Paroki St. Damian Bengkong menyisihkan lima paroki lain se-Kota Batam, yaitu Paroki St. Petrus Lubuk Baja, Paroki St. Maria Bunda Pembantu Abadi Tembesi, Paroki St. Hilarius Sei Beduk, Paroki Kerahiman Ilahi Tiban, dan Paroki St. Fransiskus Asisi Kabil. Total peserta tahun ini mencapai 838 orang.

Dari 13 mata lomba, Paroki St. Damian Bengkong nyaris menyabet penilaian emas.  Pasalnya paroki yang berdiri 24 tahun silam ini, menjuarai berbagai mata lomba Pesparani Kota Batam. Mulai dari lomba paduan suara anak, remaja, OMK, dewasa wanita, dewasa laki-laki, hingga dewasa campuran. Paroki ini juga melahap mata lomba cerdas cermat rohani kategori anak, remaja, serta bernyanyi Mazmur dan bertutur Kitab Suci kategori anak-anak.

Do.Istimewa

Penyerahan piala bergilir kepada juara umum oleh Ketua Panitia, Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus, disambut meriah dengan teriakan dan lompatan ekspresi bahagia atas keberhasilan.

Adapun dewan juri Pesparani Kota Batam terdiri dari nama-nama yang tak asing sesuai dengan mata lomba, antara lain Andreas Kokok Purwihandoko, serta Hermanus Gahi Hokeng dan Herman Yoseph Tan yang diundang dari Jakarta. Hermanus Gahi Hokeng mengungkapkan sepanjang penilaian yang dilakukannya di beberapa daerah, Kota Batam termasuk salah satu daerah dengan suara khas dan kecerdasan bertutur Alkitab yang luar biasa.

Dalam kesempatan itu, hadir Pemerintah Kota Batam yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Suleman Nababan. Ia menyampaikan dukungan pemerintah untuk program Gereja Katolik ini, sebab katanya, dari sisi bakat, umat Katolik Batam tidak diragukan lagi. “Kami berharap, pada Pesparani tingkat provinsi dan nasional yang akan diadakan tahun depan di Kupang, NTT, Batam bisa menjadi juara umum. Teruslah berlatih,” ujarnya.

Selain pemkot, hadir pula Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Kepulauan Riau, Thomas Suprapto; Ketua LP3KD Kota Batam, Johanes Dwi Purnomo; anggota DPD, Haripinto Tanuwidjaja, dan para rohaniwan, biarawan/biarawati di lingkungan Keuskupan Pangkalpinang.

Pesparani Tingkat Kota Batam baru dilaksanakan pertama kali tahun ini. Pembukaan pesta tahunan ini dilakukan secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, H. Zulkarnain Umar, Jumat (8/11) malam.

 

Hermina Wulohering

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here