Kardinal Suharyo: Membangun Integritas WNI

89
Wawan hati dengan Kardinal Suharyo dam para pejabat TNI POLRI. (Dok. Keuskupan Bogor)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Untuk memperingati Hari Pahlawan, umat Katolik yang berkarya di Kementrian Pertahanan mengadakan Misa Hari Pahlawan di Gereja St. Yohanes Maria Vianey, Cilangkap (15/11). Misa ini telah menjadi salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Keuskupan TNI POLRI.

Misa yang dihadiri sekitar 600 umat Katolik di lingkungan TNI, POLRI, PNS dan Purnawirawan ini dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, yang juga merupakan Uskup TNI POLRI. Sebelum memulai misa, Kardinal Suharyo menyempatkan untuk wawan hati dengan para pejabat TNI POLRI.

Kardinal Suharyo juga kembali mengingatkan agar umat dapat berbangga karena beberapa umat Katolik telah menjadi pahlawan, yakni Albertus Soegijapranata, Ignatius Kasimo, Slamet Riyadi, Karel S Tubun, serta Yos Sudarso. Menurutnya, di zaman sekarang ini, pahlawan bukan hanya pribadi yang tampil, melainkan guru  pun juga merupakan pahlawan. Integritas sebagai warga negara Indonesia ditentukan dengan bagaimana kita menjaga, merawat, dan membangun nilai-nilai ke-Indonesiaan.

“Misa Hari Pahlawan ini menjadi kesempatan baik untuk bertumbuh dan berkorban dalam rasa cinta tanah air, sebagaimana para pahlawan yang kita kenangkan. Para pahlawan itu adalah teladan yang mewariskan kepada kita rasa cinta tanah air yang total,” ujar Kardinal Suharyo saat memberikan homili.

Suasana Misa Perayaan Hari Pahlawan (Dok. Keuskupan Bogor)

Turut hadir dalam perayaan Misa Hari Pahlawan sebagai konselebran yang mendampingi Kardinal Ignatius Suharyo :

  1. Vikjen OCI Rm. Yos Bintoro, Pr.

2 . Pasbanmilpol OCI Rm. Ronny Neto Wuli, Pr.

3. Rm. Albert Hendaryono, Pr. (Pastor Kepala Paroki Kelapa Gading.)

4. Rm. Rochadi, Pr. (Pastor Kepala Paroki Cilangkap.)

5. Rm. David Lerebulan, Pr. (Pastor Pembantu Paroki St Thomas Kelapadua Depok.)

6. Rm. Didit Supartono, Pr. (Pastor Paroki Cilangkap)

7.  Rm. Mateus Nico Jumari Joko Lelono,Pr. (Rektor Seminari Tinggi Interdiosesan Jayapura ,Papua)

Yola Salvia

Sumber : keuskupanbogor.org 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here