Pastor Mikael Peruhe OFM : Buktikan Komitmen

25
Pastor Mikael Peruhe OFM.
[Dok.Ist]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Terpilih menjadi Minister Provinsi, Ordo Saudara-saudara Dina (Ordo Fratrum Minorum, OFM) Indonesia pada Kapitel Provinsi-OFM Indonesia pada September 2019 lalu ‘mengaduk-aduk’ perasaan Pastor Mikael Peruhe (54 tahun). Dua tahun sebelumnya, ia ‘meneruskan’ tugas yang sama menggantikan Minister Provinsi Pastor Adrianus Sunarko yang di tengah jalan ditetapkan Paus Fransiskus menjadi Uskup Pangkalpinang.

Master International Community Development lulusan Victoria University, Australia ini tidak pernah menyangka akan terpilih. Ia sempat berharap tanggung jawabnya akan berakhir selepas menyerahkan laporan pertanggungjawabannya. Namun demikian, ia dengan taatdan rendah hati menerima kepercayaan yang telah diberikan oleh saudara-saudara OFM kepadanya. Dalam rencana kerjanya, putra dari Fransiskus Baha Unarajan ini akan mewujudkan semua keputusan dan rekomendasi kapitel untuk enam tahun mendatang, menuju 100 tahun kehadiran OFM di Nusantara.

“Meski tugas ini berat, saya yakin Tuhan, Santo Frasiskus Asisi, Santa Klara Asisi tidak akan pernah meninggalkan saya berjalan sendirian,” ujar kelahiran 5 Desember ini. Putra kelima dari enam bersaudara ini melihat, tugas pelayanannya ke depan merupakan cara membuktikan komitmen dan kesetiaannya pada panggilan Tuhan.

Yola Salvia

HIDUP NO.43 2019, 27 Oktober 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here