Awal Reformasi Keuangan Vatikan

72
Pastor Juan Antonio Guerrero Alves.
[Dok.www.Catholicherald.uk]
Awal Reformasi Keuangan Vatikan
1.5 (30%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus menunjuk Pastor Juan Antonio Guerrero Alves, SJ dari Spanyol sebagai Prefek Sekretariat Ekonomi Vatikan. Penunjukkan ini menyusul berakhirnya masa jabatan Kardinal George Pell pada bulan Februari. Pastor berusia 60 tahun ini akan memulai masa jabatannya sebagai prefek pada Januari 2020.

Paus Fransiskus mendirikan Sekretariat Ekonomi pada tahun 2014 sebagai bagian dari reformasi keuangan Vatikan. Tugasnya adalah mengawasi aspek keuangan Kuria Romawi dan administrasi Negara Kota Vatikan, termasuk peninjauan laporan keuangan. Posisi Prefek Sekretariat Ekonomi ini telah kosong sejak 26 Februari tahun ini. Prefek terakhir sekretariat ini adalah Kardinal George Pell yang tidak lagi menduduki jabatan ini pada 2017 saat harus mundur karena menghadapi tuduhan pelecehan seksual di Australia, negara asalnya. Masa jabatan lima tahun Kardinal Pell sebagai prefek akan berakhir pada Februari 2019.

Pastor Guerrero adalah seorang imam Serikat Yesus lulusan fakultas Ekonomi Universitas Otonom Madrid. Ia ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1992. Sejak 2017 Guerrero telah berada di Roma melayani dalam posisi penasihat umum dan delegasi pemimpin umum untuk rumah-rumah antarprovinsi dan karya-karya para Serikat Yesus. “Panggilan ini adalah sesuatu yang sama sekali tidak terduga. Awalnya, membuat saya cemas, dan saya merasa mati rasa,” kata Pastor Guerrero seperti diberitakan www.catholicherald.uk, (14/11).

Pastor Guerrero akan mengemban jabatan ini dari 2020 sampai 2024. Atas penunjukkan ini, Pastor Guerrero menyambutnya dengan rendah hati. “Saya akan berkolaborasi dalam pelayanan misi ini dengan memberikan yang terbaik dari diri saya,” ujarnya.

Antonius E. Sugiyanto

HIDUP NO.47 2019, 24 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here