Uskup Bandung Ingatkan PK Komda Jabar

52
Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC (mengenakan jubah) bersama tamu undangan serta pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat.
[PK Komcab Jawa Barat]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pemuda Katolik jangan ‘masuk angin’ sehingga perkembangannya diam di tempat.

Pelantikan kepengurusan Pemuda Katolik (PK) Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat (Jabar) dan Komisariat Cabang (Komcab) Kota Bandung, dilangsungkan di Aula Yohanes Paulus II, Gedung Bumi Silih Asih, Kota Bandung, dibalut dengan tema “Keragaman, Modal Dasar Melawan Radikalisme”.

Acara yang dilaksanakan pada Minggu, 17/11 ini diawali dengan Misa yang dipimpin Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC didampingi tiga imam konselebaran yaitu Pastor Ignatius Eddy Putranto, OSC (Pastor Moderator PK Komda Jabar), Pastor. Dionysius Adi Tejo Saputro (Pastor Moderator PK Keuskupan Bogor) dan Pastor Adrian Suyadi, SJ (Pastor Moderator PK Keuskupan Agung Jakarta).

Jangan Diam
Dalam khotbahnya, Mgr. Subianto berpesan PK Komda Jabar jangan “Masuk Angin” sehingga mesti mempunyai penangkalnya. “Kenapa kok ada rumah yang tetap bertahan? Ada yang menjawab karena iman, ada yang menjawab karena bangunannya kokoh, dan ada yang menjawab karena rumah itu mempunyai ‘tolak angin’,” ungkapnya.

“Ada banyak organisasi yang dilanda bagaikan gempa bumi dan angin kencang, dan ada banyak organisasi yang hilang dan tak bertahan. Organisasi Katolik pun tidak lepas dari goncangan seperti ini, apakah mampu bertahan? Organisasi yang bertahan itu adalah organisasi yang mempunyai ramuan ‘tolak angin’ ajaib,” tambah Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) tersebut.

Ia menekankan, PK Komda Jabar sudah cukup untuk bertapa. Setelah dibentuk jangan diam saja,” tandasnya. Ia juga menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru PK di Komda Jabar. “Wujudkan harapan dan cita-cita organisasi, siap berkolaborasi dengan semua pihak,” pesannya.

Memasuki seremonial pelantikan, Ketua panitia sekaligus Ketua PK Komcab Kota Bandung, Alexander J. Ricky menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini adalah upaya bersama merajut kebersamaan kembali. “Saya mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung keberlangsungan acara ini,” ucapnya dalam sambutan.

Pengurus PK Komda Jabar yang di nahkodai Edi Murdani Sutrisno Silaban dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Pemuda Katolik ke-74 tahun. “Rasa syukur pada momen berbahagia ini dapat berkumpul dan merayakan bersama hari jadi PK dalam acara pelantikan ini,” kata Edi Silaban.

“Dua minggu yang lalu, para uskup se-Indonesia berkumpul di tempat ini dalam Sidang Tahunan KWI untuk memikirkan Gereja Katolik Indonesia ke depan. Dan hari ini PK Komda Jabar di tempat yang sama, juga ingin ambil bagian dalam mewujudkan cita-cita Gereja Katolik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” tandasnya.

Komda Jabar berada di tiga teritorial keuskupan yakni Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bogor, dan Keuskupan Bandung. Dalam Arah Dasar masing-masing keuskupan, PK Komda Jabar memiliki tantangan sekaligus menyelaraskan tugas untuk menjadi orang muda yang berkualitas dan setiap karya-karyanya.

Turut hadir dalam acara ini, Anggota DPD RI, Eni Sumarni; Anggota DPRD Provinsi Jabar, Rafael Situmorang; Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Rio F Wilantala; Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara dan berbagai Organisasi Kepemudaan seperti GP Ansor, FKPPI, IMA AMS, FKGMNU, PMKRI Cabang Bandung, WKRI, Vox Point Indonesia, jajaran Pengurus Pusat PK; Orang Muda Katolik se-Keuskupan Bandung; seluruh kader PK yang datang dari Komcab Kota Sukabumi, Depok, Bandung, dan Bogor serta didampingi oleh para Dewan Pembina Komda Jabar dan Komcab Kota Bandung.

PK Komcab Jawa Barat

HIDUP NO.48 2019, 1 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here