Persiapan Komuni Pertama

96
Persiapan Komuni Pertama
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Penerimaan Komuni Pertama merupakan peristiwa sangat penting, tidak hanya bagi anak tetapi juga orangtua. Bagi anak, momen tersebut adalah tanda tubuh dan jiwa seseorang bersatu dengan Tuhan Yesus dan kemuliaanNya. Untuk menyambut komuni tentu saja perlu pengolahan iman yang cukup jadi tidak sekadar hanya menerima.

Paus Yohanes Paulus II dalam Familiaris Consortio menuliskan, “Karena orangtua telah menyalurkan kehidupan kepada anak-anak, orangtua berkewajiban amat serius untuk mendidik anak-anak mereka”. Berkaitan dalam persiapan anak menerima komuni, orangtua hendaknya menyiapkan putra/inya sehingga mereka pantas dan layak menyambut tubuh dan darah Kristus.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh mereka? Buku ini hadir untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua tentang keluarga Katolik yang berlandaskan iman dan kasih akan Allah. Buku ini juga berisi pengetahuan Liturgi seputar Perayaan Ekaristi guna mempersiapkan anak-anak menyambut komuni. Hal ini disuguhkan melalui tips-tips. Beberapa topik yang dibahas seperti makna Doa Bapa Kami, Apa Itu Ekaristi, Mengapa kita Mengikuti Ekaristi dan sebagainya.

Buku ini mempunyai tiga bab utama pertama, “Orangtua Katolik”, kedua, “Tuhan dan Ekaristi”, dan ketiga “Mempersiapkan Anak”. Selain ilustrasi yang cukup mendominasi, buku ini dilengkapi dengan lembar interaktif anak pada bab yang terakhir. Jadi diharapkan dapat membantu memudahkan orangtua dalam menanamkan pengetahuan dasar Katolik kepada anak.

Judul : The Light of Sunday: Mempersiapkan Anak Menerima Komuni Pertama
Penulis : Melissa Yunita Lauw
Penerbit : OBOR
Tahun : 2019
Tebal : 68 halaman

Karina Chrisyantia

HIDUP NO.44 2019, 3 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here