Pengikut yang Berkualitas

81
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Sebelum seseorang remaja dibaptis, satu tahapan yang harus dilalui adalah masa katekumen. Katekumen, dalam bahasa Latin artinya ‘yang diberi bimbingan’. Dalam tahapan ini seseorang dibimbing untuk memahami ajaran agama Katolik dan pokok-pokok iman Katolik.

Buku yang digarap oleh Tim Komisi Kateketik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ini merupakan buku panduan khususnya bagi para remaja yang mempersiapkan diri menjadi pengikut Kristus dalam Gereja Katolik. Katekumen remaja merupakan musafir yang berziarah untuk mencari dan menemukan Allah dalam hidupnya. Berziarah di dunia bukan hal yang mudah, kerap kali kegalauan siap sedia melanda. Rasa-rasanya akan mengalami kesulitan dalam menemukan Allah, apalagi di tengah situasi dunia yang penuh hiruk pikuk seperti sekarang.

Menurut Ketua Komisi Kateketik KAJ, Pastor Victorius Rudy Hartono, dalam kata pengantar, buku ini hadir membantu para katekumen menemukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang seharusnya dipelajari dan diketahui sebagai calon pengikut Kristus dalam Gereja Katolik. Tim Komisi Kateketik menyusun sebanyak 39 bab dan akan dibahas di setiap pertemuan.

Berdasarkan buku ini, pertemuan tidak akan selesai begitu saja. Di setiap akhir bab, katekumen diberi tugas, salah satu contohnya, menuliskan renungan malam tentang peristiwa yang pernah dialami dalam merasakan Allah sungguh mendampingi atau mengasihi.

Judul : Panduan Katekumenat Remaja
Penulis : Tim Komisi Kateketik Keuskupan Agung Jakarta
Penerbit : OBOR
Tahun : 2019
Tebal : 256 halaman

Karina Chrisyantia

HIDUP NO.44 2019, 3 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here