Budi Sutedjo Dharma Oetomo : Keluarga Pegiat Literasi

92
Budi Sutedjo Dharma Oetomo (ketiga dari kanan) menerima piagam penghargaan, didampingi anak dan istri.
[Ist.]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Dosen Fakultas Teknologi Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Budi Sutedjo Dharma Oetomo, dianugerahi penghargaan sebagai keluarga pertama di Indonesia yang produktif menulis dan menyunting buku. Bersama sang istri Maria Herjani Sanusi dan putra semata wayang mereka Albert Steven Sutedjo, Budi menerima piagam dan medali dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) di Agatha Studio Yogyakarta, Minggu 22/9. “Kami tidak menyangka, bila kegiatan literasi bersama dalam keluarga ini mendapat perhatian bahkan dinilai sebagai prestasi unik di Indonesia dan dunia oleh LEPRID,” ungkapnya.

Sejak 1996, pelopor Lokakarya Indonesia Menulis ini telah menghasilkan 216 buku, 1.501 artikel, dan 764 berita. Sebelumnya, Budi juga pernah menerima penghargaan rekor MURI bidang penulis pada 11 Oktober 2011. Dia telah menjadi penulis pada 84 media, dengan materi dari 145 bidang ilmu yang diterbitkan dengan menggunakan 18 inisial.

Sementara itu, sejak 2009, Maria berhasil menulis 17 buku dan bunga rampai, serta menyunting 73 buku. Sedangkan Steven sudah diperkenalkan dengan dunia tulis-menulis sejak dini. Dia pertama kali menulis pada kelas V di SD Tarakanita. Kebiasaan itu berlanjut hingga sekarang telah menulis 13 buku dan menyunting 25 buku. Dengan optimis, Steven berpesan, “Semoga dengan adanya penghargaan seperti ini, masyarakat juga semakin merasakan pentingnya membaca dan menulis buku. Terutama, penulisan buku akan memberikan warisan ilmu bagi generasi penerus bangsa.” Pasutri Maria-Budi juga aktif dalam kegiatan literasi bersama Komisi Komsos KWI dan memberikan pelatihan menulis maupun jurnalistik di pelbagai institusi.

R.B.E. Agung Nugroho

HIDUP NO.44 2019, 3 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here