Hidup Berpikir Kritis

65
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Kemampuan berpikir logis tidak semata merupakan unsur penting dalam kegiatan akademis. Kemampuan ini juga bermanfaat dalam menghadapi persoalan yang terjadi dalam hidup sehari-hari.

Buku yang berjudul Logika: Ilmu Berpikir Kritis bermanfaat bagi masyarakat secara luas sebagai arahan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir kritis. Sehingga buku ini bermanfaat dibaca oleh dosen, pengacara, dan para praktisi dari berbagai bidang profesi. Bagi para mahasiswa, tentu perlu membacanya untuk mengasah kemampuan berpikir logis ini sejak duduk di bangku kuliah.

Buku ini berisi pengantar awal untuk mengenal Logika sebagai ilmu berpikir kritis. Materi dijabarkan secara runut dalam 11 bab. Mulai dari pengenalan dasar ilmu Filsafat, mengenal dasar Logika, aneka kesesatan pemikiran (fallacia) sampai dengan teknik dan sistematika penulisan esai. Pembahasan mengenai penulisan esai dirasa penting untuk dikuasai dalam aktivitas akademis, maupun kehidupan praktis sehari-hari.

Di setiap bab terdapat tujuan instruksional. Misalkan bab pertama, dengan mempelajari, mahasiswa diharapkan mampu menguraikan secara singkat sejarah kemunculan Logika. Selain itu, di setiap bab disuguhkan latihan-latihan sesuai dengan materi yang terkait.

Pembaca diajak belajar untuk menguasai berbagai hukum dan aturan dalam Logika agar mempunyai pola berpikir kritis. Penulis juga berharap dengan mengolah berpikir kritis ini proses perkuliahan menjadi lancar sehingga membantu para mahasiswa berhasil dalam studinya.

Judul Buku : Logika : Ilmu Berpikir Kritis
Penulis : Dr. Raja Oloan Tumanggor dan Carolus Suharyanto, M.Si.
Penerbit : Kanisius, 2019
Tebal : vi + 156 halaman

Karina Chrisyantia

HIDUP NO.50 2019, 15 Desember 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here