Bersahabat dengan Taman Eden

95
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Manusia diciptakan sebagai gambar dan rupa Allah. Di balik sebutan itu, manusia mengemban tugas yang amat luhur, yakni bertugas untuk mengusahakan, mengelola dan memelihara Taman Eden. Dalam konteks Kej 1:28, termuat anjuran untuk bersahabat dan semakin peduli dengan Taman Eden (ekologi), bukan sebaliknya.

Semangat dan inspirasi untuk peduli terhadap Taman Eden itulah yang ingin dihadirkan oleh Pastor Surip Stanislaus, OFMCap. Dalam buku ini Pastor Surip hendak memaparkan tradisi bangsa Israel dalam Perayaan Sabat, Hari Sabat, Tahun Sabat, dan Tahun Yobel. Dengan bahasa yang ringan, dan detail, penulis juga mengetengahkan paham tentang Allah sebagai pemilik tanah, pemberi, dan pemulih kesuburannya dari para nabi. Selain itu, buku ini juga menawarkan inspirasi bagi para pembaca untuk memiliki sikap peduli akan lingkungan (ekologi), khususnya kepedulian di tengah krisis alam dewasa ini.

Kehadiran buku ini membantu umat untuk menggali dan membangun kembali kesadaran dalam mengelola dan memelihara lingkungan. Selain dari perspektif Biblis, penulis juga menyandingkan tradisi dalam Mazmur sebagai ajakan moral untuk peduli ekologi. Selain itu ada juga inspirasi dari St Fransiskus Asisi dalam madah Gita Sang Surya yang juga semakin menambah khazanah rohani dan refleksi pembaca.

Judul : Mengelola dan Memelihara Taman Eden (Inspirasi Biblis Peduli Ekologi)
Penulis : Surip Stanislaus, OFMCap.
Penerbit : PT Kanisius, 2019
Isi : 194 Halaman

Frater Nicolaus Heru Andrianto

HIDUP NO.45 2019, 10 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here