Nyampah Bersama, Wujud Nyata Tema AAP 2019

393
Nyampah Bersama, Wujud Nyata Tema AAP 2019
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-KEUSKUPAN Bogor, tahun 2019 mengangkat tema Aksi Advent Pembangunan (AAP), “Semangat Natal Melahirkan Cara Pandang Baru Terhadap Sampah”.

Tema ini dirasa penting oleh Keuskupan Bogor mengingat sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah.

Kerja bakti sebagai aksi nyata tahun AAP 2019 wilayah St. Theresia, Stasi St Vincentius Gunung Putri/dok.pribadi

Rata-rata setiap harinya kota-kota besar di Indonesia, khususnya Kabupaten Bogor menghasilkan puluhan ton sampah. Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa apa-apakan lagi.

Kerja bakti sebagai aksi nyata umat Wilayah St Theresia, Stasi St Vincentius Gunung Putri/dok.pribadi

Aksi Nyata

Sebagai bentuk aksi nyata dalam merefleksikan tema AAP 2019 ini, wilayah St Theresia, Stasi Santo Vincentius Gunung Putri, Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Keuskupan Bogor, mengadakan kerja bakti bersih-bersih sampah di sekitar kapel.

Ketua Wilayah Santa Theresia Leonardus Da Silva mengatakan kerja bakti ini sebagai bentuk menanggapi tema AAP 2019 Keuskupan Bogor. Wilayah Theresia, lanjutnya yang terdiri dari Lingkungan Petrus Kanisius, Lingkungan Leonardus, dan Lingkungan Kristoforus bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Kabupaten Bogor membersihkan sampah-sampah yang berada di sepanjang jalan menuju kapel.

Kerja bakti sebagai aksi nyata umat Wilayah St Theresia, Stasi St Vincentius Gunung Putri/dok.pribadi ko

“Sampah-sampah ini kebanyakan terdiri dari sampah plastik dan sampah rumah tangga. Selain itu ada pemotongan rumput-rumput yang sudah tinggi,” jelas Leo, sapaannya.

Sementara itu, Ketua Lingkungan St Petrus Kanisius Sisilia Floriane menambahkan selain aksi nyata dimaksud diharapkan kekuarga-keluarga juga membuat bukti konkret seperti membudayakan buang sampah pada tempatnya.

“Keluarga-keluarga di lingkungan bahkan keluarga-keluarga Katolik harus membangun kesadaran bahwa buang sampah sebuah habitus yang tak lain bagian dari iman kekatolikan,” demikian Sisil.

Pada malam nanti, Sabtu, 21/12, akan diadakan sosialisasi bersama tema AAP yang akan dilaksanakan di kapel St Vincentius oleh tiga lingkungan di wilayah Sta Theresia.

Yusti H. Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here