Vatikan Memuji Greta Thunberg

51
Aktivis lingkungan remaja asal Swedia, Greta Thunberg bertemu dengan Paus Fransiskus di akhir audiensi umum mingguan, di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, 17/4.
[vaticannews.va]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pada hari Kamis, para pejabat tinggi Vatikan memuji remaja Swedia Greta Thunberg, yang baru-baru ini dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai “Person of the Year” untuk advokasi lingkungan. Vatikan mengungkapkan, bahwa Greta adalah “saksi besar” pengajaran Gereja tentang perawatan untuk penciptaan dan pribadi manusia.

Berbicara kepada wartawan, menyambut Hari Perdamaian Dunia 2020, dirayakan pada 1 Januari setiap tahun, 12/12, Kardinal Peter Turkson menyebut, Thunberg dengan aksi-aksinya telah menyampaikan apa yang menjadi ajaran Gereja. “Apa tujuannya? Melewatkan sekolah untuk masa depan, masa depan yang tidak dapat dijamin karena tidak ada kepedulian terhadap lingkungan,” katanya.

Ditanya apakah dia adalah model “konversi ekologis” yang sering diserukan Paus, Kardinal Turkson mengatakan, bahwa “model” itu bukan kata yang tepat. Aktivisme Greta membawa perhatian yang sama diserukan Gereja, bahwa pemeliharaan lingkungan, sebagai rumah bersama, sama pentingnya dengan perhatian pada orang miskin dan masyarakat secara umum. “Itu adalah koherensi dengan ajaran Gereja,” katanya.

Thunberg dinobatkan sebagai “Person of the Year” Majalah TIME tahun ini. Dalam lingkup Gereja Katolik, Paus Fransiskus pernah mendapat penobatan itersebut di tahun 2013. Majalah ini juga menampilkan para Paus lainnya, seperti Paus Yohanes XXIII pada tahun 1962, dan Yohanes Paulus II pada tahun 1994.

Antonius E. Sugiyanto

HIDUP NO.52 2019, 29 Desember 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here