Hadiah dari Filipina untuk Takhta Suci

234
Perpisahan Kardinal Tangle dengan Para Waligereja Filipina. (Dok. CBCP News)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Lagu You’ll Never Walk Alone yang dipopulerkan oleh Josh Gorban, dinyanyikan oleh kurang lebih 90 uskup dari seluruh negeri. Mereka hadir saat makan malam sekaligus merayakan perpisahan untuk Kardinal Tagle.

Para uskup yang berkumpul bersulang untuk kesuksesan Kardinal Tagle dengan posisi barunya. Mereka mengepung kardinal yang akrab disapa “Chito”.

Bagi Konferensi Waligereja Filipina (CBCP) Luis Antonio Gokim Kardinal Tagle adalah hadiah dari Filipina untuk Gereja universal juga untuk Takhta Suci.  Hal ini dikatakan oleh Ketua Konferensi Uskup Agung Romulo Valles, saat berpidato pada acara perpisahan. Mgr. Valles mengatakan bahwa ada lebih banyak alasan untuk bersukacita daripada bersedih pada misi baru Kardinal Tagle ini seperti yang diberitakan oleh CBCP New pada 28 Januari 2020.

“ Bagi kami, ia adalah “hadiah” dari Filipina. Ya, tentu kami merasa kehilangan tetapi saya kira Anda semua sepakat soal karunia yang luar biasa yang dimiliki oleh Gereja Filipina yakni kepribadian seorang Kardinal Chito,” ungkap Mgr. Valles diiringi oleh tepuk tangan para uskup.

Pada 8 Desember 2019, pukul 12.00 siang waktu Roma, Paus Fransiskus menunjuk Kardinal asal Filipina, Uskup Agung Manila Luis Antonio Gokim Kardinal Tagle, sebagai Prefek Kongregasi Evangelisasi Bangsa Bangsa (Propaganda Fide). Kongregasi ini mengawasi pelayanan Gereja Katolik di sebagian besar keuskupan di Afrika, Asia dan Oseania, yang mencakup sekitar sepertiga dari 4.000 keuskupan di dunia.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here