Argentina Bangun 400 Gua Maria

23
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Guna memperingati hari peringatan patung Perawan Maria ditemukan di Argentina, 400 gua kecil sedang dibangun di negara ini. Empat ratus tahun yang lalu, seorang penduduk Argentina asli menemukan patung Bunda Maria di ceruk batu di sisi lereng terpencil. Patung tersebut memiliki warna kulit coklat seperti penduduk asli. Sejak ditemukannya, devosi kuat kepada Bunda Maria yang disebut sebagai “Bunda Maria dari Lembah” telah meluas. Bunda Maria pun didaulat sebagai pelindung Provinsi Catamarca di mana patung itu ditemukan.

Menandai peringatan 400 tahun penemuan patung itu, Konferensi Waligereja Argentina pun telah
menyatakan pada tanggal 8 Desember 2019 hingga 8 Desember 2020 sebagai Tahun Maria Nasional. Tahun 2020 juga menandai peringatan 500 tahun Misa pertama yang dipersembahkan di tanah Argentina.

Menyambut ajakan itu, umat Paroki St. Maria Rosari Hualfin, Catamarca menyarankan membanguan 400 Gua Maria sebagai bagian dari perayaan. Gagasan itu disetujui oleh Uskup Catamarca, Mgr. Luis Urbane dan dewan pastoral paroki di daerah itu. Sebagai konsekuensi, setiap paroki bertanggung jawab untuk membangun 13 gua kecil. Tercatat, gua pertama telah selesai dan diberkati pada 30 Januari di Desa Laguna Blanca.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.07 2020, 16 Februari 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here