Uskup Berusia 98 Tahun Sembuh dari Virus Corona

10168
USKUP Nanyang, Cina, Mgr. Joseph Zhu Baoyu (98) | Dok. Aleteia
Uskup Berusia 98 Tahun Sembuh dari Virus Corona
4 (80%) 9 votes

HIDUPKATOLIK.COM —  Mgr. Zhu Baoyu merupakan pasien tertua yang sembuh dari Virus Corona.

USKUP Nanyang, Cina, Mgr. Joseph Zhu Baoyu (98) jatuh sakit akibat pneumonia dari Covid-19 (Virus Corona yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina) pada 3 Februari. Namun kurang dari delapan hari ia dinyatakan negatif dari virus ganas itu yakni pada Rabu, (12/2). Kemudian tepat pada  hari kasih sayang, paru-parunya dinyatakan bersih dari infeksi seperti dilansir aleteia, (17/2).

Diketahui, Mgr. Zhu menderita penyakit lain seperti aritmia dan efusi pleura, dan disembuhkan berkat drainase kateter toraks. Dokter serta ahli epidemiologi mengatakan bahwa kesembuhannya merupakan kasus luar biasa sebab virus corona terbukti berakibat fatal bagi orang tua dan bagi pasien dengan kondisi klinis yang rumit. Tetapi tampaknya, hal itu tidak berlaku bagi Mgr. Zhu.

Tercatat, Mgr. Zhu harus menanggung tahun-tahun sulit akibat pemenjaraan dan kerja keras  dari sistem “pendidikan ulang” yang dibuat pemerintah bersama dengan sekitar 20 imam dan ratusan suster dari kongregasi St. Joseph. Kemudian, pada 19 Maret 1995, Pastor  Zhu ditahbiskan menjadi uskup dan menjalankan pelayanannya hingga usia lanjut. Akan tetapi, kesehatan memaksanya untuk pensiun.

Kasus kesembuhan Mgr. Zhu pun telah membuat percikan dalam opini publik Cina sekaligus menjadi contoh nyata bagaimana penyakit tersebut dapat diatasi.

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here