Semangat Menjaga NKRI

20
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Semangat untuk menjaga NKRI harus terus digaungkan sampai kapan pun. Setelah menerima penghargaan dari PWKI, Didi Kempot mengajak semua untuk menjaga keutuhan bangsa.

Perayaan buka tahun yang diadakan Paguyuban
Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) nyatanya belum benar-benar berakhir. Hal ini dikarenakan ada satu penerima penghargaan “Terima Kasihku Kepadamu” belum mendapatkan piagam penghargaan. Sebab, saat acara tersebut berlangsung pada pertengahan Januari lalu, yang bersangkutan berhalangan.

Penghargaan terakhir itu diberikan kepada pria yang memiliki nama lahir Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot. Maestro tembang Jawa ini dianugerahi penghargaam “Terima Kasihku Kepadamu” atas dedikasinya dalam kesenian sekaligus pesan-pesan keragaman dan kebangsan yang selalu ia gaungkan setiap kali tampil di atas panggung.

Penerimaan penghargaan “Terima Kasihku Kepadamu” ini akhirnya diadakan di Gedung Badan Narkotika Nasional, Jakarta Timur, Jumat, 14/2/2020. Pada kesempatan ini juga, Didi Kempot dinobatkan sebagai Duta Anti Narkoba oleh BNN. Alhasil, peristiwa siang ini menandai juga kolaborasi antara PWKI dengan BNN.

Atas kehormatan ini, Didi berterima kasih kepada PWKI. Ia tidak pernah menyangka, apa yang dilakukan selama ini ternyata bisa diterima oleh masyarakat. Ia juga mengajak semua untuk menjaga NKRI. Kita hidup sama-sama menjaga NKRI,” ujar Didi.

Semua Kalangan
PWKI memberikan penghargaan pada sejumlah
tokoh atas dedikasi mereka di bidang masing-masing. Tahun ini, penghargaan “Terima Kasihku Kepadamu” diberikan kepada beberapa tokoh, yaitu Didi Kempot, Gracia Billy Yosaphat Y. Mambrasar, Joko Anwar, Rahmat Efendi, dan Hillary Brigitta.

Ketua Panitia Buka Tahun Bersama PWKI, Asni Ovier, mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Didi ini dikarenakan selama ini ia mampu menciptakan karya seni yang melampaui segala
batas. Sehingga, meski PWKI sendiri memiliki latar belakang Katolik, namun PWKI melihat pesan-pesan yang dibawakan dalam setiap penampilan Didi telah mencerminkan pesan universal. “Tanpa memandang suku, agama, ras, atau golongan, semua orang menyukai karya Didi Kempot. Oleh karena itu, PWKI mengucapkan terima kasih,” ungkap Ovier yang saat itu didampingi Ketua PWKI,
A. M. Putut Prabantoro.

Karya Didi sudah dikenal luas, tidak saja di kalangan masyarakat berbahasa Jawa namun karyanya disukai banyak kalangan di luar Jawa. “PWKI mengucapkan terima kasih kepada Didi Kempot karena ia bisa menyatukan semua elemen bangsa ini,” ujar Ovier, menambahkan.

Sementara itu, Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko, mengatakan, Didi telah berhasil menjadi role model bagi anak muda melalui kiprahnya di dunia seni tembang Jawa. Karena itulah, BNN menilai bahwa Didi juga pas untuk dijadikan relawan “Anti Narkoba”. “Mulai hari ini, Didi resmi sebagai relawan antinarkoba BNN. Kalau berkenan, Didi Kempot menjadi duta antinarkoba untuk BNN. Kami berharap kalau ada kegiatan BNN, dia bisa hadir,” kata Heru.

Antonius E. Sugiyanto

HIDUP NO.08 2020, 23 Februari 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here