Paus Fransikus Pimpin Misa Kudus Lewat Siaran Langsung

538
Paus Fransiskus merayakan Misa harian di Casa Santa Marta| Dok. Vatican News
Paus Fransikus Pimpin Misa Kudus Lewat Siaran Langsung
3 (60%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM — Paus Fransiskus telah memutuskan bahwa Misa hariannya di Casa Santa Marta akan disiarkan langsung. Keputusannya ini didasari pada tujuan agar  menjadi dekat dengan semua orang yang menderita epidemi virus corona saat ini, khususnya dengan mereka yang sakit, dalam proses karantina maupun yang dengan alasan apa pun, tidak dapat meninggalkan rumah mereka. Siaran langsung akan mulai pada hari Senin, 9 Maret.

“Karena risiko penyebaran virus Covid-19, Bapa Suci telah memutuskan bahwa Misa pribadinya dirayakan di Casa Santa Marta dan akan disiarkan secara langsung (live) dalam beberapa hari ke depan”, ujar Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni kepada wartawan.

Siaran tersebut akan tersedia melalui portal Berita Vatikan serta didistribusikan oleh Media Vatikan ke mitra media dan ke media luar yang memintanya. “Mereka yang ingin mengikuti perayaan ini, dapat berdoa dalam persatuan dengan Uskup Roma,” tutur Matteo Bruni mengakhiri pesannya.

Paus Fransiskus memulai Misa harian di Casa Santa Marta pada awal masa kepausannya. Sejak itu, ia telah menerima ribuan umat beriman yang datang dalam kelompok kecil. Homili-homili Paus dalam misa harian tersebut telah menjadi referensi bagi banyak orang di seluruh dunia, dan terutama menjadi sumber inspirasi bagi para imam ketika menyiapkan homili.

Sebelumnya, Paus tidak pernah ingin seluruh liturgi paginya tersiarkan lewat media. Dalam hal ini, Paus Fransiskus telah menyetujui siaran langsung liturgi pagi sehubungan dengan keadaan darurat yang dialami akhir-akhir ini di tengah ancaman Covid-19, dengan tujuan supaya lebih dekat dengan keluarga dan semua orang yang menderita.

Herman Bataona,CMF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here