Begini Tata Cara Ikuti Misa via Online

4554
Begini Tata Cara Ikuti Misa via Online
3.3 (65%) 12 votes
HINGGA tanggal 3 April mendatang semua kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang di lingkup ditiadakan. Beberapa keuskupan pun memutuskan menyelenggarakan Misa via live streaming.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti Misa via online ini? Berikut panduan seperti yang dikeluarkan oleh Humas Keuskupan Agung Jakarta:

Pakaian
Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya; bersih, rapi, dan berpakaian pantas sekalipun tidak harus formal. Persiapkan batin Anda seperti layaknya mengikuti Misa di gereja.

Lokasi

Pilihlah lokasi yang baik. Jika bersama anggota keluarga lain, bisa di ruang tamu atau di ruang keluarga. Jika dilakukan secara pribadi, carilah tempat yang tidak mudah terganggu oleh orang lain. Misalnya ruang doa atau kamar tidur yang memiliki meja dan kursi. Pastikan wifi lancar.

Fokus

Ikuti perayaan Ekaristi secara penuh. Jangan sepotong-sepotong, fokus, tinggalkan urusan lain dan jangan menerima telepon.

Doa Sebelum Misa

Sebelum mengikuti Misa via online ambillah waktu untuk berdoa secara pribadi.

Duduk Sepanjang Misa

Silakan duduk sepanjang Misa. Tidak perlu berdiri atau berlutut. Sangat baik jika di depan tempat duduk Anda terdapat meja yang dilengkapi salib dan lilin menyala.

Tanda Salib

Ikutlah Misa dengan sungguh-sungguh secara penuh. Sebagaimana Misa di gereja, buatlah tanda salib pada awal dan akhir Misa. Berpartisipasilah secara penuh dengan menjawab bagian umat meskipun tidak harus diucapkan.

Komuni

Doakan Doa Komuni Batin secara pribadi saat penerimaan Komuni.

 

Hermina W.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here