USCCB Serukan Doa Litani Hati Kudus Yesus saat Jumat Agung

85
Lukisan Pertobatan Maria Magdalena karya Paulo Veronese.
[catholicworldreport.com]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM— Ketua Konferensi Waligereja Amerika Serikat (USCCB), Mgr. José H. Gomez mengundang umat beriman bergabung dengannya untuk berdoa Litani Hati Kudus Yesus pada Jumat Agung (10 April). Doa bersama ini digalakan untuk menghentikan pandemi virus korona.  “Berdoa bersama sebagai suatu bangsa adalah momen untuk mendoakan mereka yang sedang sakit dan mereka yang merawatnya untuk menghentikan penyebaran virus korona. Mari kita minta kekuatan bagi semua anak-anak Tuhan,” tulis rilis resmi media USCCB.

Pernyataan itu juga menuliskan bahwa Jumat Agung adalah hari ketika pengikut Kristus di seluruh dunia dengan sungguh menghayati penderitaan dan wafat Yesus di kayu salib. Maka berdasarkan tradisi, umat Katolik menandai hari itu dengan puasa, penebusan dosa, dan refleksi atas pengorbanan Yesus yang penuh kasih. Kesempatan untuk berdoa bersama selama pandemi ini menawarkan momen persatuan khusus bagi umat beriman pada masa ketika komunitas di seluruh Amerika Serikat dan seluruh dunia secara fisik tidak dapat berkumpul selama Pekan Suci dan Paskah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Indulgensi penuh diberikan

Selain itu, USCCB juga mengumumkan bahwa dengan izin khusus dari Penitensi Apostolik Tahkta Suci (Apostolic Penitentiary of the Holy See) akan diberikan indulgensi penuh untuk semua orang yang bergabung dengan Ketua USCCB dalam doa Litani Hati Kudus Yesus pada Jumat Agung.

Indulgensi adalah penghapusan siksa dosa sementara, baik seluruhnya atau sebagian untuk dosa yang sudah diampuni dalam sakramen tobat. Dengan kata lain, indulgensi dapat menghapuskan seluruh atau sebagian dari siksa dosa yang masih harus ditanggung setelah kematian dalam proses pemurnian (Api penyucian). Maka dari itu, indulgensi juga dapat diperoleh tidak hanya  bagi umat yang masih hidup, tetapi juga jiwa-jiwa yang telah meninggal yang kita doakan.

Umumnya, Indulgensi penuh memiliki syarat yang harus dipenuhi di samping beberapa perbuatan saleh seperti membaca kitab suci sedikitnya setengah jam, mendaraskan doa Rosario di Gereja, dalam keluarga, atau komunitas religius, mendoakan jalan salib dengan menghayati seluruh 14 perhentian, dan berdoa Adorasi dihadapan Sakramen Mahakudus sedikitnya setengah jam. Keempat keadaan yang harus dipenuhi ini adalah telah menerima sakramen tobat, menerima Ekaristi kudus, Berdoa bagi intensi Bapa Paus dapat dipenuhi dengan mendaraskan satu kali Bapa Kami, satu kali Salam Maria; namun demikian, umat bebas untuk mendaraskan doa-doa lainnya dengan penuh kesalehan dan devosi, dan terakhir memiliki sikap batin yang bebas dari keterikatan dosa bahkan yang kecil sekalipun.

Tayangan langsung Litani Hati Kudus bersama Uskup Agung Gomez akan tersedia di situs web Keuskupan Agung Los Angeles: www.lacatholics.org. . . dan di halaman Facebook USCCB: www.facebook.com/usccb.

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here