Lihat, 11 Relikui Kristus Masih Ada!

1059
Ragam relikui Kristus | Gryffindor, Wikipedia / Vitold Muratov, Wikipedia / Lalupa, Wikipedia / ChurchPOP
Lihat, 11 Relikui Kristus Masih Ada!
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Relikui adalah peninggalan barang-barang atau jasad dari orang yang sudah dinyatakan kudus oleh Magisterium Gereja. Sedari dulu, Gereja Katolik menghormati peninggalan ini karena percaya bahwa tubuh insani kita ini dapat digunakan sebagai kenisah Roh Kudus.

Romo Petrus Maria Handoko CM dalam rubrik Konsultasi Iman di Majalah HIDUP menjelaskan bahwa relikui dibedakan menjadi tiga kelas, pertama, tulang-tulang atau sisa tubuh dari santo-santa. Kedua, benda-benda yang pernah dipakai santo-santa itu. Ketiga, kain yang ditempelkan pada relikui kelas satu atau dua itu. Kebanyakan relikui yang ada sekarang adalah relikui kelas tiga. Biasanya, kain yang pernah ditempelkan itu dipotong kecil-kecil dan dilekatkan pada medali atau kertas doa. Akan tetapi, dalam kasus Tuhan kita Yesus Kristus, apa pun yang secara langsung dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa dalam hidupnya diklasifikasikan sebagai relikui peringkat tertinggi.

Berikut 11 benda menakjubkan yang diklaim sebagai peninggalan dari kehidupan Kristus.

  1. Fragmen Salib Asli
Gryffindor, Wikipedia

Ada banyak fragmen salib asli di berbagai gereja di seluruh dunia. Fragmen pada gambar di atas berada di Imperial Treasury di Wina, Austria.

  1. Paku Penyaliban
Public Domain, Wikipedia

Paku ini diklaim sebagai salah satu paku yang digunakan dalam penyaliban Yesus (lihat di dekat bagian atas), yang tersimpan di Katedral Bamberg, Jerman.

  1. Piala Perjamuan Terkahir
Vitold Muratov, Wikipedia

Cawan ini diyakini sebagai piala yang digunakan oleh Kristus pada Perjamuan Terakhir untuk melembagakan Ekaristi. Cawan tersebut disimpan di Katedral Valencia, Spanyol.

  1. Jubah tak Berjahit
U.S. Air Force photo by 2nd Lt. Stephani Schafer, Public Domain, Wikipedia

Jubah ini diklaim sebagai jubah Kristus yang tak berjahit ketika menjadi bahan taruhan oleh tentara Romawi selama penyaliban. Jubah ini disimpan di Katedral Trier, Jerman.

  1. Tombak
Saibo, Wikipedia

Kristus ditikam dengan tombak ketika Ia tergantung di kayu salib untuk memastikan kematian-Nya. Tombak ini pun disimpan di Imperial Treasury di Wina, Austria.

  1. Hadiah Para Majus dari Timur
via blogger

Hadiah pada saat kelahiran Kristus di kandang sederhana Bethlehem berupa emas, kemenyan, dan mur. Ketiga hadiah dari para majus ini disimpan di Biara St. Paulus di Gunung Athos, Yunani.

  1. Mahkota Berduri
via James Cross, Pinterest

Yesus mengenakan mahkota berduri selama perjalana-Nya menuju Bukit Golgota dan juga saat penyaliban-Nya. Mahkota berduri ini disimpan di Katedral Notre Dame Paris, Prancis.

  1. Pilar Pencambukan
Lalupa, Wikipedia

Sebelum menapaki jalan penderitaan, Yesus terlebih dahulu dicambuk. Di pilar inilah Yesus diikat ketika ia dicambuk. Pilar ini disimpan di Basilika Santo Praxedes di Roma, Italia.

  1. Tabung Berisi Darah Kudus Yesus
Matt Hopkins, Wikipedia

Tabung ini disimpan di Basilika Darah Kudus di Bruges, Belgia.

  1. Titulus Crucis
via Jorge Eagar, Pinterest

Papan kayu ini diklaim sebagai tanda yang tergantung di atas Yesus ketika di salib yang mengatakan, “Inilah Raja orang Yahudi”. Papan ini disimpan di Basilika Salib Suci Yerusalem di Roma, Italia.

  1. Kain Kafan Turin
Dianelos Georgoudis, Wikipedia

Kain kafan Turin diyakini sebagai kain penguburan Yesus. Kain ini disimpan di Katedral Santo Yohanes Pembaptis di Turin, Italia.

Felicia Permata Hanggu
Sumber: Church Pop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here