MAJALAH HIDUP EDISI 15 TAHUN 2020

35
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM Melalui media arus utama dan media baru (media sosial), kita menyaksikan aksi-aksi sosial yang muncul di tengah bencana virus korona ini. Ada kelompok warga yang menyediakan dan membagi-bagikan makanan dalam kotak kepada para pekerja ojek online, para supir angkutan umun, dan para pekerja harian lain. Mereka adalah warga yang terimbas langsung dari imbauan pe­merintah untuk tinggal dan bekerja dari rumah.

Sajian Utama. Mencari Iman di Benua Antartika. Pangkalan Belgrano II, Antartika Argentina, menyediakan tempat ibadah bagi umat Katolik di Gua Es.

Konsultasi Iman. Makna Kebangkitan. Kapan kebangkitan itu terjadi bagi orang yang percaya? Credo telah memberikan pernyataan, bahwa kebangkitan itu terjadi bukan setelah kematian, tetapi ketika Dia yang bangkit pertama datang kembali untuk mengadili orang hidup dan mati. Namun, sebelum itu semua terjadi, orang-orang yang memiliki ha­rapan akan kebangkitan telah memperoleh kebangkitan itu dalam hati mereka. “Dalam Kristus yang telah bangkit, umat Kristen mengecap ‘karunia-karunia dunia yang akan datang’ (Ibr 6:5) dan hidupnya dilindungi Kristus di dalam Allah, ‘supaya mereka yang hidup tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka’ (2 Kor 5:15)” (KGK 655).

Santo/A. St. Virginia Centurione Bracelli (1587-1651). Pelindung Tenaga Medis. Ia ingin menjadi suster, namun orangtuanya menghendaki lain. Menjadi janda saat usia muda, ia lalu mengabdi untuk merawat dan melayani orang-orang sakit dan miskin.

Eksponen. Romo J. B. Heru Prakosa, SJ. Merawat Tali Silaturahmi Gereja. Imam Yesuit yang baru saja ditunjuk menjadi penasihat Paus Fransiskus ini berkomitmen untuk mengedapankan kebaikan bersama tanpa melupakan akar imannya. 

Kesaksian. Asia Bibi. Delapan Tahun di Bui, Tuhan Perlindunganku. “Setiap saat, saya menyimpan Tuhan di hati saya,” kata Asia Bibi, perempuan Pakistan yang dituduh penistaan agama.

HIDUP No.15, 12 April 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here