Paus Emeritus Benediktus XVI Kenang Tanah Kelahirannya Setiap Kali Ulang Tahun

140
Paus Emeritus Benediktus XVI (ist)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM– Paus Emeritus Benediktus XVI tahun ini berusia 93 tahun, tepat pada hari Kamis, 16/4. Setiap kali merayakan Ulang Tahunnya, Paus Emeritus Benediktus XVI selalu mengenang tanah kelahirannya Bavaria dan bahkan setahun yang lalu, ia masih sempat minum bir dan makan bretzels kesukaannya.

Diketahui pada tahun-tahun sebelumnya, saudara kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, Goerg Ratzinger yang kini berusia 96 tahun selalu datang mengujunginya dan merayakan moment istimewa itu bersama-sama.

Namun situasi Lockdown, di seluruh Italia, Eropa dan dunia saat ini, maka hari istimewa tahun ini dirayakan sendiri di kediamannya yakni di Biara Mater Ecclesiae, Vatikan.

Di sana Paus Benediktus hanya merayakan hari ulang tahunnya bersama orang-orang terdekat, termasuk sekretaris pribadinya Uksup Agung Georg Ganswein.

“Kami baik-baik saja,” kata Mgr. Ganswein seperti dilansir Zenit.org, 16/4.

Menurut Kantor Berita Vatikan, sehari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pada 17 April 2017 silam, Paus Emeritus Benediktus menyambut sekelompok orang dengan pakaian tradisional Bavaria.

“Hati saya penuh rasa syukur karena selama 90 tahun Tuhan memberikan segala yang baik kepada saya. Ada cobaan dan masa-masa sulit, tetapi Ia selalu membimbing saya dan membawa saya keluar dari situasi itu, sehingga saya dapat melanjutkan perjalanan saya,” ujar Paus Emeritus Benediktus XVI saat itu.

Seperti dilansir Rome Reports, 16/4,Paus Emeritus Benediktus XVI pada 19 April juga merayakan 15 tahun sejak dinobatkan sebagai paus. Selama masa Kepausannya yang berlangasung delapan tahun itu, Paus Emeritus Benediktus XVI telah mengunjungi lebih dari 20 negara dan menerbitkan tiga ensiklik dan tiga buku.

Dalam tujuh tahun sebagai paus emeritus, fisik Paus Benediktus XVI semakin lemah seiring bertambahnya usia. Ia tetap di kediamannya, tetapi masih menyapa para kardinal baru setiap konsistori berakhir. Yang terbaru adalah pada Oktober 2019, ketika 13 kardinal baru pergi untuk menyambutnya di kediamannya.

Selamat Ulang Tahun Bapa Suci!

Herman Bataona,CMF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here