Kantor Staf Presiden Gandeng Jaringan Katolik untuk Penyebaran Bantuan ke Pelosok Indonesia

232
Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyerahkan bantuan APD kepada Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC). Bantuan diterima oleh Sekretaris Komisi Kerawam KWI, Pastor Siswantoko dan didampingi oleh epala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyerahkan bantuan APD kepada Jaringan Katolik Melawan Covid-19 atau JKMC (Humas JKMC)
Mohon Beri Bintang

JARINGAN Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) kembali menerima bantuan dari Kantor Staf Presiden (KSP).

Bantuan disampaikan oleh Kepala Staf Presiden Jendral TNI (Purn) Moeldoko yang diterima oleh Pastor Paulus Christian Siswantoko selaku Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia dan Muliawan Margadana Koordinator Umum JKMC.

JKMC terdiri dari Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) dan ormas-ormas Katolik (Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, Wanita Katolik Republik Indonesia, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, dan Pemuda  Katolik), rumah sakit-rumah sakit, universitas, sekolah tinggi ilmu keperawatan, sekolah tinggi ilmu kesehatan, dan komunitas kategorial.

Djumhari Latief, perwakilan Badan Amal Kasih Katolik Keuskupan Agung Jakarta (BAKKAT KAJ) mengatakan, “JKMC adalah wujud komitmen gereja dan umatnya mengatasi pandemik Covid 19. Dan saatnya juga kita kembali ke nilai-nilai gotong-royong, solidaritas, belarasa, dan saling tolong menolong sampai pandemik ini berakhir,” dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/4/2020).

Bukan hanya sebatas menyalurkan bantuan, JKMC juga melakukan perekrutan dan pelatihan relawan (online) baik medis maupun non-medis.Selain itu, juga bergerak memberikan bantuan makanan, sembako, dan masker kepada masyarakat yang rentan terdampak di berbagai kota.

JKMC pun menyediakan konten-konten edukasi dan informasi untuk membantu pemerintah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak mudik, menggunakan masker yang benar, isolasi mandiri, dan layanan konsultasi psikologi online.

“Komunikasi di JKMC sangat baik. PUKAT (Profesional dan Usahawan Katolik) sendiri saat ini fokus pada pengadaan dan distribusi APD, walaupun ada PUKAT di beberapa keuskupan juga memberikan bantuan ke kelompok masyarakat rentan,” papar Ketua PUKAT Jakarta Marcus Linggo.

“Kita berharap data di JMKC selalu yang terupdate sehingga bantuan tepat sasaran,” tambahnya.

Pelosok Indonesia

Ke depan, JKMC akan menyalurkan relawan medis maupun non-medis yang sudah direkrut ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan di berbagai kota di Indonesia.

Para donatur melalui BAKKAT KAJ, PEMIKAT (Pertemuan Mitra Kategorial) KAJ, PUKAT, dan PERDHAKI (Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia) sebagai bagian dari JKMC juga telah mendistribusikan berbagai kebutuhan kepada lebih dari 80 Rumah Sakit ke seluruh wilayah Indonesia.

Senada dengan Marcus, dr. Felix Gunawan, perwakilan PERDHAKI menyambut baik adanya JKMC, “Dari awal ketika ada arahan dari KSP, kami sudah mengarahkan rumah sakit-rumah sakit yang tergabung dalam PERDHAKI untuk mempersiapkan ruang isolasi dan ICU.”

“Selain itu, menyambut baik adanya JMKC karena bisa menjadi pusat informasi tentang berbagai bantuan yang bisa disalurkan ke rumah sakit di bawah PERDHAKI. Ke depan kami sangat berharap kekurangan APD di rumah sakit bisa terpenuhi melalui JKMC,” tutur Felix.

JKMC juga selalu berkoordinasi dengan semua komponen bangsa, termasuk dengan mengutus perwakilan untuk bertugas di Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 sebagai wujud partisipasi dalam upaya segera mungkin mengatasi pandemik covid-19 ke seluruh pelosok Indonesia.

“Kita berharap dengan usaha bersama pandemic Covid-19 bisa segera teratasi dan kita sebagai bangsa bersama-sama bangkit dari musibah ini,” kata Felix.

Herman Bataona,CMF

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here