Pastor Cedric Prakash, SJ : Stola Pohon Kehidupan

83
Pastor Cedric Prakash, SJ : Stola Pohon Kehidupan
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus mendapat hadiah “Pohon Kehidupan” dari Pastor Cedric Prakash, SJ. “Pohon Kehidupan” itu digambarkan sebagai pohon besar dengan akar yang menyebar ke dalam ke tanah dan cabang-cabang yang menyebar ke langit. “Ini mewakili sifat semua hal yang saling berhubungan di alam semesta dan merayakan kesatuan dalam keanekaragaman,” ujar Pastor Cedric, seperti dilansir vaticannews.va, (10/12). Pohon Kehidupan ini, kata Pastor Cedric, juga simbol Yesus yang adalah Pokok Anggur.

“Pohon Kehidupan” juga simbol Ahmenabad di negara bagian Gujarat, India. Di sana terdapat Masjid Sidi Saiyyed yang dibangun abad ke-16, dengan sepuluh jendela kisi-kisi batu yang indah yang menampilkan “Pohon Kehidupan” yang diukir dengan halus. Di Ahmenabad pula, Pastor Cedric tinggal dan berkarya melalui PRASHANT, karya Jesuit untuk hak asasi manusia, keadilan, dan perdamaian.

Selama dua hari, Pastor Cedric bertandang ke Roma, Italia, mengikuti forum lembaga swadaya masyarakat yang ditutup dengan audiensi bersama Bapa Suci Fransiskus. Ia memiliki kesempatan berjumpa Paus secara pribadi. “Saya membawa dua hadiah, satu replika Pohon Kehidupan dan stola bersulam Pohon Kehidupan,” ujarnya.

Stola itu, cerita Pastor Cedric, dibuat oleh perempuan di kawasan kumuh Ahmedabad. Para perempuan itu membuat bordiran Pohon Kehidupan dengan sangat halus.

“Stola magnifica, elegante,” ujar Pastor Cedric menirukan ucapan Paus Fransiskus. Bahkan, Paus meminta Pastor Cedric untuk memakaikannya.

Y. Prayogo

HIDUP NO.02 2020, 12 Januari 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here