Mgr. Kalumba: Tetap Dukung Paroki Setempat Selama Covid 19

56
Uskup Keuskupan Livingstone Mgr. Valentine Kalumba, OMI. (Dok. Media Vatican)
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.COM— Dikarenakan gereja-gereja masih ditutup di Zambia, Afrika Selatan, Uskup Keuskupan Livingstone Mgr. Valentine Kalumba, OMI, menghimbau umat tetap mendukung paroki mereka selama krisis covid 19.

 

Mgr. Kalumba mengingatkan bahwa para imam dan paroki masih mempunyai tanggungan tagihan listrik dan kebutuhan lain yang bergantung pada kemurahan hati umat.

“Kita tidak boleh lupa untuk membantu paroki dalam pembayaran tagihan, listrik, air, dan sebagainya. Jika memang ada. Tanggung jawab paroki terus berlanjut meskipun pandemi global ini. Saya menghimbau setiap paroki untuk menyusun strategi dan menemukan cara yang tepat untuk berkontribusi dalam pemeliharaan paroki masing-masing. Entah bentuk uang atau barang,” ungkap Mgr. Kalumba yang dilansir dari Vaticannews, 18/5.

Di sisi lain, Mgr. Kalumba menjelaskan mengenai tantangan pastoral untuk melayani daerah pedesaan. Baginya, diperlukan cara yang berbeda untuk membagikan firman Tuhan kepada mereka yang sulit dijangkau. “Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana imam dapat tetap berhubungan secara rohani terlepas dari jarak sosial dan jarak geografis? Bagaimana para imam dapat berkomunikasi dengan umat di pedesaan, belum tentu ada jaringan,” imbuhnya,

Kendati demikian Mgr. Kalumba meyakinkan umat, meskipun Gereja ditutup dengan kondisi pandemi, para imam tetap melayani semua umat di keuskupan. “Para imam setiap hari di keuskupan berdoa untuk Anda. Kami terus berdoa kepada Tuhan agar membebaskan kami dari pandemi ini karena kami menjaga diri dan orang-orang yang kami kasihi. ” tandasnya.

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here