Gereja di Roma Adakan Misa, Umat Katolik Bersukacita

445
Seorang umat yang berdoa di gereja, (ist)
Gereja di Roma Adakan Misa, Umat Katolik Bersukacita
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM— Perayaan Ekaristi bersama oleh umat kembali dibuka di kota Roma, Italia, setelah 10 Minggu, gereja-gereja ditutup karena pandemi global virus korona. Senin, 18/5, merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat di mana toko-toko dan restoran kembali dibuka setelah lebih dari 2 bulan ditutup untuk umum. Umat Katolik pun ikut bersukacita karena dapat menghadiri Misa bersama lagi.

“Saya bersukacita bahwa Bapa Suci, bersama dengan pemerintah dan para uskup Italia, telah setuju untuk kembali menyediakan pelayanan sakramen bagi semua orang yang telah merindukannya selama ini,” ungkap Romo Benediktin yang sedang belajar di Roma, seperti dilansir dari Catholic News Agency, 18/5.

“Hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi kita semua. Umat ​​awam memiliki hak untuk menerima sakramen dan para pelayan memiliki kewajiban untuk menyediakannya bagi mereka,” kata Romo Hudson.

“Menerima Komuni lagi sebagai sebuah keluarga adalah puncak dari setiap doa dan keinginan kami selama karantina,” kata seorang ibu asal Amerika yang tinggal di Roma, Melissa Steele kepada CNA pada 18 Mei.

“Selama dua minggu terakhir, anak-anak kami, terutama anak kembar tiga tahun yang tidak biasanya saleh, semakin tidak puas dengan Misa virtual dan memohon untuk pergi ke gereja dan berdoa bersama Yesus. Jadi tanggal 18 Mei ini sudah lama ditunggu oleh keluarga kami. Itu adalah Misa sederhana tetapi mulia,” kata Steele yang mengikuti misa pertama bersama keluarganya di Gereja St. Joseph Cupertino.

Gereja dan Basilika Kepausan dibuka kembali untuk umum pada tangga 18 Mei dengan protokol keamanan tambahan untuk pencegahan virus korona. Di Basilika Santo Petrus, para sukarelawan dari Ordo Malta melakukan pemeriksaan suhu sebelum orang memasuki garis keamanan sebagai tanda untuk menunjukkan jarak setiap orang.

Sebelum memasuki Basilika, umat diwajibkan menggunakan masker wajah dan mencuci tangan di pintu gereja, sementara petugas keamanan ditempatkan di seluruh Lapangan Santo Petrus untuk memperhatikan jarak antar umat.

Hari Raya Kenaikan Tuhan pada 24 Mei akan menjadi Misa Hari Minggu pertama dengan kehadiran umat. Telah  diizinkan lebih dari 75 hari untuk paroki di Italia, termasuk Gereja St. Patrick di Roma. “Kami senang bisa mengadakan kembali misa umum bersama umat, meskipun tetap hati-hati dan mengikuti protokoler yang ada,” ujar Kepala Paroki St. Patrick di Roma, Romo Gregory Apparcel seperti dilansir CNA, 18/5.

Herman Bataona,CMF

1 COMMENT

  1. Puji Tuhan….. Tuhan itu baik dan semua Indah pada waktuNya…
    Sungguh kerinduan umat yg luar biasa to misa smga bersama umat di Roma kiat berdoa smga badai segera berlalu didunia…
    Ma ksh banyak sharenya Romo Herman Bataona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here