Meghan Markle Ajak Lulusan SMA Katolik Membangun Kembali Sebuah Bangsa

91
Meghan Markle memberikan pidato kelulusan virtual kepada almamaternya 3 Juni 2020 (Dok. Reuters TV)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Para lulusan SMA Immaculate Heart, Los Angeles, California, Amerika Serikat, mendapatkan ucapan selamat dari salah satu aluminya, Duchess of Sussex Meghan Markle. Tidak hanya sekedar ucapan, dalam video berdurasi 6 menit ini, Markle menyampaikannya harapannya kepada para lulusan di tengah momen ketidakadilan terhadap kulit hitam di Amerika Serikat atau rasisme yang terjadi pasca kematian George Floyd pada 25 Mei 2020.

Seperti dilansir dari Catholic News Service, 5/6, Markle berpesan kepada para lulusan dari sekolah khusus perempuan itu, harus berani berperan dalam pembangunan kembali Negara ini.

“Saya, Anda tahu bahwa hak kehidupan orang kulit hitam itu ada (black lives matter). Dan dari pengalaman yang beragam, bersemangat serta pikiran terbuka, seperti yang aku tahu, ini merupakan ajaran di SMA Immaculate Heart.”

Baginya, orang seringkali bertanya, berapa kali kita perlu membangun sebuah negara yang rusak? “Anda tahu? Kita akan membangun dan membangun kembali dan membangun kembali sampai akhirnya terbangun atau selesai. Karena ketika  sebuah pondasi atau dasar negara rusak, begitupun kita sebagai masyarakatnya,” jelasnya.

Dalam pidato virtualnya, Markle sangat bangga dengan para lulusan dan sekarang mereka sama-sama menjadi alumni. Ia pun tidak sabar melihat para lulusan baru ini membentangkan sayapnya.

Kelulusan di tahun ini mungkin bukan seperti apa yang dibayangkan. Tetapi Markel mendorong mereka untuk melihat kelulusan ini bukan sebagai akhir melainkan sebuah awalan untuk menerapkan nilai-nilai yang sudah didapat dan kemampuan yang diasah selama bersekolah di SMA yang dikelola oleh para biarawati Kongregasi Hati Maria Tak Bernoda ini.

“Anda akan menjadi seorang pemimpin yang penuh dengan cinta dan kasih sayang dan menggunakan suara Anda dengan cara yang lebih kuat daripada yang pernah Anda bisa. Saya yakin,  Anda juga memiliki empati bagi mereka yang tidak melihat dunia melalui apa yang Anda lihat,” ungkap alumni yang lulus pada tahun 1999 ini.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here