Tetap Bergandengan Tangan dalam Paska Pandemi Covid 19

42
Kardinal Peter Turkson, selama pertemuan streaming langsung dengan wartawan Vatikan 9 Juni 2020. (Dok. Media Vatikan)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM— Paus Fransiskus memberikan mandat khusus kepada komisi coronavirus Vatikan, yakni untuk mempersiapkan masa depan yang penuh harapan di tengah kekacauan dan ketidakpastian sekarang ini.

Seperti yang dilansir dari Vaticannews, 9/6, dalam sebuah pertemuan langsung Dikasteri Vatikan untuk Pembangunan Manusia Integral, yang dipimpin oleh Kardinal Peter Turkson, mengutip kata kata-kata Bapa Suci. Mengambil pembelajaran dari Paus Benediktus XVI, Gereja diajak mempersiapkan masa depan ketimbang bersiap untuk masa depan.

Kardinal Turkson mengenang pidato Paus Benediktus XVI saat di Benin, Afrika Barat. Saat itu Bapa Suci mengatakan bawah jika kita mempunyai harapan maka kita siapa melahkah ke masa depan dan membuka masa depan kepada Tuhan.

“Jadi, bagi Paus Fransiskus dalam mempersiapkan masa depan setelah pandemi adalah dengan  mempersiapkan masa depan yang terdiri dari makhluk hidup, Anda dan saya,” ungkapnya.

Paus Fransiskus membentuk komisi tersebut pada pertengahan April 2020 untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dunia dalam mengurangi penyebaran pandemi virus korona dan dampak apa yang akan dihadapinya setelahnya.

Menurut pemberitaan media Vatikan pada 15 April 2020 komisi ini dibagi menjadi lima kelompok kerja yang berfokus pada aspek-aspek khusus pandemi dan akan merumuskan analisis dan refleksi tentang tantangan di bidang sosial, ekonomi dan budaya di masa depan dan usulan pedoman untuk mengatasinya.

Selain menyikapi pencegahan penyebaran virus, Kardinal Turkson mengatakan bahwa komisi ini juga sedang mempersiapkan bantuan dengan menguatkan rasa solidaritas dan kemanusiaan yang saling berhubungan, dan saling menjaga satu sama lain sehingga tidak ada yang tertinggal.

Menurutnya, dengan melihat kondisi krisis ini, komisi juga ditantang untuk menjangkau ke masyarakat menengah ke bawah. Sehingga mereka sangat kesulitan paska pandemi ini juga merasa disambut. “Itulah masa depan yang diinginkan oleh Paus Fransiskus untuk kita ciptakan,” tandas Kardinal Turkson.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here