Kreatif, Paroki Ini Gunakan Potret Para Kudus untuk Jaga Jarak di Gereja

1430
Promosikan jaga jarak dengan menempatkan potret para kudus. | Dok. Immaculate Conception Parish-Llanera
Kreatif, Paroki Ini Gunakan Potret Para Kudus untuk Jaga Jarak di Gereja
4.8 (96%) 5 votes

HIDUPKATOLIK.COMGereja Katolik di seluruh dunia sedang bersiap merengkuh tatanan baru. Protokol dasar kesehatan pun menjadi perhatian utama. Ada paroki yang mulai membersihkan dan menyemprotkan disinfektan keseluruh gedung dan area gereja. Ada paroki yang membangun lebih banyak tempat cuci tangan dan ada pula yang menyediakan handsanitizer di setiap area. Di Paroki Maria Dikandung Tanpa Noda Llanera, Keuskupan San Jose de Nueva Ecija, Filipina mereka menempatkan potret para kudus di setiap bangku gereja untuk mengingatkan pembatasan sosial.

Gambar persiapan paroki ini diunggah ke akun Facebook resmi mereka “Immaculate Conception Parish-Llanera” dengan “caption” menarik seperti, “Persekutuan para kudus berbagi tempat duduk dengan Anda.” Unggahan ini juga mendapat sambutan positif. Sebagai contoh, akun Monique Hernandez Cada memberi komentar, “Senyum saya mengembang melihat potret para kudus ini. Apalagi di sana ada Potret St. Magdalena Canossa dan St. Josephine Bakhita.” Bahkan, akun Adrian Matthew Poblete memberikan komentar demikian, “Rasanya seperti di surga bisa bersatu dengan para kudus dalam Misa nanti!.”

Konferensi Waligereja Filipina (CBCP) telah mengeluarkan pedoman baru yang menguraikan seperti apa kenormalan baru bagi umat beriman Filipina. Di bawah panduan itu, CBCP merekomendasikan tiap paroki untuk memaksimalkan potensi media sosial dan terus menyiarkan langsung atau televisi untuk mempromosikan penjarakan sosial. Hal ini sekaligus mendesak orang tua dan orang sakit, yang lebih berisiko tertular virus, serta anak-anak untuk tinggal di rumah dan mengikuti perayaan liturgi secara virtual. CBCP juga menegaskan jaga jarak harus benar-benar diperhatikan oleh semua orang, termasuk di antaranya anggota paduan suara.

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here