Ordo Karmel Indonesia Kehilangan Calon Imam Sederhana

385
Ordo Karmel Indonesia Kehilangan Calon Imam Sederhana
3 (60%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-BERITA duka datang dari Ordo Karmel (O.Carm) Indonesia. Seorang calon imam Karmelit Fr. Antonius Joko Merdiko O.Carm dikabarkan meninggal dunia.

Fr. Joko, sapaannya, dipanggil menghadap sang Kuasa, Senin, 15/6/2020, Pukul 16.42 WIB.

Fr. Joko lahir di Trenggalek, Jawa Timur, 22 Agustus 1986. Ia lahir dan dibesarkan dari keluarga sederhana. Ia seorang yang sangat mencintai dunia pertanian. Kecintaan inilah yang membawanya menekuni pendidikan di Universitas di Jember dengan jurusan Pertanian.

Di Jember, benih-benih panggilan mulai dirasakannya sejalan dengan perkenalannya bersama para Karmelit yang melayani di Paroki St. Yusuf Jember dan di Sekolah St. Paulus. Perkenalan ini membuat Joko jatuh cinta pada kehidupan para Karmelit.

Tak butuh waktu lama untuk menggabungkan diri sebagai calon imam Karmelit. Pada 21 Agustus 2011, sehari sebelum perayaan ulang tahunnya, ia masuk biara Karmel untuk menjadi seorang bruder. Dalam perjalanan waktu ia memutuskan beralih menjadi seorang imam.

Ia mengikrarkan kaul perdana pada 7 Juli 2013. Selanjutnya, karena memilih untuk “pindah” menjadi calon imam, maka mesti belajar di STFT Malang.

Sayang, di awal tahun ini, kanker menyerang bawah kulitnya. Hal ini membuat ia, tiga bulan terakhir sering ke luar masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Akhirnya pada Juni 2020, ia mengikrarkan kaul kekal dalam Ordo Karmel.

Fr. Joko di mata para kolegianya adalah seorang calon imam yang sederhana dan berhati mulia. Ia gemar membantu orang lain dan tak pernah menunjukan kemalasan dalam menjalani panggilan.

Yusti H. Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here