Hari Ayah Sedunia: Menjadi Ayah yang Selalu Ada

40
Seorang ayah dengan kedua anak perempuannya (Ilustrasi dari Aleteia)
Hari Ayah Sedunia: Menjadi Ayah yang Selalu Ada
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com –Uskup Keuskupan Phoniex, Arizona, Amerika Serikat Thomas Olmsted mendorong umat untuk berdoa bagi para ayah saat peringatan Hari Ayah Sedunia (Father’s Day). Hari Ayah Sedunia diperingati pada tanggal 21 Juni 2020.

Dalam sebuah pesan di video, Mgr. Olmsted mengatakan bahwa menjadi ayah adalah misi setiap lelaki. Saat pandemi  tentu masyarakat mengalami kebingungan hingga mencapai tahap depresi. Mgr. Olmsted menghimbau bagi para pria, melihat situasi yang terbatas ini dengan kerendahan hati dan keberanian mengemban misi kebapakannya yang dikaruniai oleh Tuhan.

Sambil mengenang sang ayah,  Mgr. Olmsted menyadari bahwa keberadaan ayah serta ibu selama masa tumbuh dan kembang adalah sesuatu yang membuat aman dan tentram. Ayah dipanggil untuk menjadi tempat berlabuh yang aman bagi anak-anaknya. Seperti yang dicontohkan St.Yusuf.

Walaupun dalam Alkitab tidak dikisahkan secara terperinci bagaimana kebapakannya, namun St. Yusuf hadir untuk istrinya, Maria dan anaknya, Yesus. Bahkan, saat Yesus masih dikandungan, St. Yusuf melindungi Maria dari kejaraan Raja Herodes.

Maksud Tuhan menempatkan seorang ayah dalam keluarga adalah agar ada maskulinitas. Sehingga sang istri dapat berbagi suka dan duka.  Seorang ayah juga diharapkan hadir di samping buah hatinya untuk mendampingi mereka di segala situasi apapun.  “Menjadi seorang ayah yang selalu ada untuk keluarganya,” tandas Mgr. Olmsted mengutip Seruan Apostolik Paus Fransiskus, Amoris Laetitia.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here