Vox Point Membagikan Masker di Beberapa Paroki Kota Ruteng

39
Vox Point Manggarai membagikan masker kepada umat Katolik di enam paroki di Kota Ruteng/Dok. Pribadi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COMPENGURUS Vox Populi Institute (Vox Point) Manggarai menjawab kebijakan pemerintah daerah terkait penerapan new normal dengan melakukan aksi sosial. Kali ini, pengurus dan formatur Vox Point membagikan ratusan masker kepada umat yang berada di enam paroki di Kota Ruteng, Sabtu, 27/6/2020.

Pembagian masker ini tak lain untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Vox Point Manggarai Erlan Yusran. Menurutnya pembagian masker sebagai bentuk tanggung jawab organisasi untuk membantu pemerintah di masa new normal.

Lanjutnya, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat. Sebab saat ini masyarakat sudah melupakan kebiasaan hidup sehat di tengah masa pandemi. Meski pemerintah sudah menerapkan masa transisi, tetapi penyebaran virus Covid-19 masih ada dan kemungkinan terjangkit oleh masyarakat di Kota Ruteng.

“Selain melindungi diri, dengan menggunakan masker, kita juga akan melindungi orang lain. Sebab meksi sudah memasuki masa new normal, tetapi penyebaran virus ini masih ada. Kita tidak tahu kapan penyebaran virus ini berakhir. Dengan menggunakan masker, kita terlibat dalam usaha hidup sehat,” jelas Erlan.

Erlan juga menjelaskan bahwa pembagian masker ini sejalan dengan imbauan Gereja Keuskupan Ruteng terkait penyebaran Covid-19. “Ini adalah bagian dari tanggung jawab konstitusional etis Vox Point Manggarai untuk melindungi umat Katolik dari penyebaran Covid-19. Selain itu, kewajiban mengenakan masker merupakan bagian dari menjalankan amanah tata aturan (protokol) pemerintah untuk tetap menjaga diri dari paparan virus, dan sedapat mungkin mendukung ikhtiar memutus,” jelasnya.

Pembagian masker kali ini di enam paroki sekitar Kota Ruteng yaitu Paroki Katedral, Golodukal, Cewonikit, Kristus Raja, Kumba dan Karot. Pastor dari masing-masing paroki menerima langsung paket masker tersebut.

Kepala Paroki Kristus Raja Ruteng, Pastor Ferdi Mayus, mengucapkan terima kasih kepada Vox Point Manggarai yang telah terlibat menjawab kebutuhan umat di bidang kesehatan dengan membagikan masker.

Dengan pembagian masker ini, umat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan baik pada saat kegiatan menggereja maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

“Saat ini Keuskupan Ruteng menjalankan Misa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saya berharap dengan pembagian masker ini, umat memiliki cadangan masker agar bisa memanfaatkannya pada saat kegiatan peribadatan atau kegiatan kemasyarakatan lainnya,” sebutnya.

Yusti H. Wuarmanuk

Laporan: Nus Mering

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here