Pesan Paus Fransiskus untuk Media Katolik: Jadilah Tanda Persatuan di tengah Keragaman

258
Paus Fransikus| Dok. Media Vatikan
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM Paus Fransiskus mengirim pesan untuk Konferensi Media Katolik tahun ini. Konferensi bertema “Bersama Meskipun Terpisah” ini disponsori oleh Asosiasi Pers Katolik. Dalam pesan itu, Paus menekankan perlunya laki-laki dan perempuan beriman untuk melindungi media komunikasi dari semua hal yang akan membelokkannya kepada tujuan lain.

Asosiasi Pers Katolik (CPA) didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu di Amerika Serikat dengan tujuan melayani dan menyatukan anggotanya. CPA memiliki hampir 225 anggota publikasi dan 600 anggota individu.

Tahun ini untuk pertama kalinya dalam sejarahnya yang panjang, asosiasi tersebut akan mengadakan Konferensi Media Katolik secara virtual akibat pandemi virus korona. Mengingat pandemi, Paus Fransiskus memulai pesannya kepada konferensi dengan menyatakan kedekatannya kepada mereka yang telah terkena virus dan yang mengambil risiko hidup untuk bekerja membantu saudara dan saudari yang membutuhkan.

Paus mencatat tema pertemuan ini dengan fasih mengekspresikan rasa kebersamaan yang muncul, secara paradoks, dari pengalaman pembatasan sosial yang dipaksakan oleh pandemi. Bapa Suci juga menggarisbawahi bagaimana pengalaman beberapa bulan terakhir ini telah menunjukkan betapa pentingnya misi media komunikasi untuk menyatukan orang, memperpendek jarak, menyediakan informasi yang diperlukan, dan membuka pikiran dan hati kepada kebenaran. “E pluribus unum – cita-cita persatuan di tengah keragaman, tercermin dalam moto Amerika Serikat”, kata Paus, “juga harus mengilhami layanan yang Anda tawarkan untuk kebaikan bersama. Kemendesakan ini dibutuhkan saat ini, di zaman yang ditandai oleh konflik dan polarisasi di mana komunitas Katolik itu sendiri tidak kebal.”

Paus melanjutkan, “Kami membutuhkan media yang mampu membangun jembatan, mempertahankan kehidupan dan meruntuhkan tembok yang terlihat dan tidak terlihat, yang mencegah dialog tulus dan komunikasi jujur ​​antara individu dan masyarakat.” Kemudian ia menegaskan, “Kami membutuhkan media yang dapat membantu orang, terutama kaum muda, untuk membedakan yang baik dari yang jahat, untuk mengembangkan penilaian yang sehat berdasarkan pada presentasi fakta yang jelas dan tidak bias, dan untuk memahami pentingnya bekerja untuk keadilan, kerukunan sosial dan rasa hormat untuk rumah kita bersama.”

Paus juga menekankan perlunya laki-laki dan perempuan yang memiliki keyakinan untuk melindungi komunikasi dari semua yang akan membelokkannya kepada tujuan lain.

Sebagai umat Kristen, ia menekankan, “kita masing-masing, di mana pun kita berada, dipanggil untuk berkontribusi, melalui pengakuan kebenaran kita dalam kasih, kepada pertumbuhan Gereja menuju kedewasaan penuh dalam Kristus. Bidang komunikasi, kita tahu, bukan hanya masalah kompetensi profesional,” kata Paus.

Menjadi komunikator sejati

“Seorang komunikator sejati akan mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk kesejahteraan yang lain, di setiap tingkatan, dari kehidupan setiap individu hingga kehidupan seluruh umat manusia,” ujar Bapa Suci.

Paus Fransiskus menunjukkan bahwa kita tidak dapat benar-benar berkomunikasi kecuali jika kita terlibat secara pribadi dapat membuktikan kebenaran dari pesan yang kita sampaikan.Semua komunikasi, katanya, “memiliki sumber pamungkas dalam kehidupan Allah Tritunggal, yang berbagi dengan kita kekayaan kehidupan ilahi-Nya dan memanggil kita, pada gilirannya, untuk mengkomunikasikan harta itu kepada orang lain melalui persatuan kita dalam pelayanan-Nya kebenaran.”

Dalam berkomunikasi juga perlu meminta rahmat kebijaksanaan, pengertian, dan nasihat dari Roh Kudus atas pekerjaan di bidang ini. “Hanya dengan ini kita dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi penyakit rasisme, ketidakadilan, dan ketidakpedulian yang merusak wajah keluarga kita,” tuturnya.

Menyimpulkan pesannya, Paus Fransiskus mendesak komunikator Kristen untuk berbicara dengan kata benda yang mengakui dan memajukan klaim kebenaran yang tenang dan meningkatkan martabat manusia. “Di mana dunia melihat konflik dan perpecahan, semoga Anda memperhatikan orang-orang yang menderita dan yang miskin, dan memberikan suara untuk permohonan saudara-saudari kita yang membutuhkan belas kasih dan pengertian,” tandasnya.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here