Dari Minister General Menjadi Uskup

211
Mgr. Marco Tasca, OFMConv (Dok. ofmconv.post.pisap)
Dari Minister General Menjadi Uskup
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COMPastor Marco Tasca OFMConv yang dipilih oleh Paus Fransiskus pada tanggal 8 Mei 2020 menjadi uskup agung Genoa, Italia meneruskan pelayan sebelumnya Kardinal Angelo Bagnasco yang sudah pensiun karena faktor usia.

Pastor Marco ditahbis 11 Juli 2020 di lapangan Victoria Genoa dan sebagai penahbis utama ialah Administrator Apostolik Genoa Kardinal Angelo Bagnasco bersama puluhan uskup lainnya. Perayaan ini dihadiri ratusan imam dan sekitar seribuan umat.

Turut hadir mewakili pemerintah setempat dan lembaga pemerintahan sipil
lainnya serta perwakilan dari agama Kristen lainnya. Semua yang hadir dalam perayaan ini mengikuti dan melalui protokoler kesehatan akibat pandemi Covid 19.

Mgr. Marco Tasca OFMConv (Dok. ofmconv.post.pisap.)

Pastor Marco lahir 9 Juni 1957 di San’Angelo Piove, Provinsi Padua bergabung dalam
Persaudaraan Ordo Saudara Dina Konventual Provinsi Santo Antonius Padua Italia dan menjalani masa novisiat di Biara, Basilika Santo Antonius Padua, di Padua tahun 1976-1977.

Pada tanggal 17 September 1977 mengucapkan kaul perdana dan kaul meriah pada 28 November 1981. Ia menyelesaikan Baccalaureat Teologi di Institut Telogogi Santo Antonius Padua, Doktor Injil pada tahun 1982 dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 19 Maret 1983 oleh Uskup Filippo Franceschi. Sebagai imam muda Pastor Marco menjalani pelayaanan di paroki Santo Yosef Copertino Roma dan kemudian melanjutkan pendidikan lisensiat di Universitas Pontifikal Salesiana Roma dibidang Psikologi dan kemudian lisensiat bidang Pastoral di universitas yang sama.

Setelah menyelesaikan studinya beliau mejalankan pelayanan menjadi rektor seminari menengah Ordo di Brescia dan kemudian Seminari Tinggi Ordo di Padua sambil mengajar Psikolog dan katekese di Institut Teologi Santo Antonius Padua Doktor Injil. Pada kapitel Provinsi Padua tahun 2001 saudara Pastor Marco terpilih menjadi Guardian di Santuari Santo Antonius Padua di Camposampiero, Padua dan menjadi delegatus bagi Kapitel General Ordo.

Pada tahun tahun 2005 ia  terpilih menjadi Minister Provinsial, Provinsi Santo Antonius Padua di Padua, Italia. 26 Mei 2007 dalam kapital General Ordo di Sacro Convento Assisi terpilih menjadi minster General, penerus Santo Fransiskus Assisi yang ke-119 untuk satu periode selama 6 tahun. Pada kapital general ordo pada bulan Januari 2013 Pastor Marco  terpilih kembali menjadi minister general untuk periode kedua. Pada 17 Mei 2019 ia mengakhiri pelayannanya sebagai minister General OFMConv.

Sepanjang menjadi pelayan dan pemimpin persaudaraan OFMConv, Pastor Marco mengikuti 3 kali sinode para uskup sedunia. Tahun 2012 tentang tema evangelisasi baru, tahun 2015 tentang Keluarga dan tahun 2018 tentang Kaum Muda. Selain itu ia juga pernah menjadi para pemimpin tinggi Fransiskan.

Selama menjadi minister general, Pastor Marco yang sudah dua kali ke Indonesia pada tahun 2009 saat kapitel Kustodia Provisi Indonesia dan yang terakhir pada desember 2018 perayaan 50 tahun kehadiran OFMConv dari Provinsi Bologna, Italia di Sumatera.

“Aku mau menjadi saudara dan bapa bagi umat di Keuskupan Agung Genoa, berusaha menjadi Uskup yang fransiskan demikian kata sambutannya di Camposampiero, Padua, Italia komunitas setelah tidak lagi menjadi Minsiter General. Dan sekarang saudara-saudari terkasih, mari kita mulai melayani Tuhan, mencari secara bersama-sama wajah Bapa untuk senantiasa menjadi saksi yang otentik akan sukacita karena turut ambil bagian dalam perutusan Puteranya Yesus Kristus,” tuturnya

Tunjukkanlah Bapa Kepada Kami (Yoh 14,8) menjadi motto tahbisannya. Perkataan ini mengingatkan kita akan tujuan dari seluruh hidup: bertemu dengan kasih yang paling Agung. Kalimat ini bersumber dari Philipus, Rasul Yesus yang meminta kepada Yesus untuk menunjukkan Bapa Kepadanya. Tentu kalimat ini bergaung dalam diri Pastor Marco yang tinggal Di Basilika Para Rasul (Santi Apostoli) Roma, rumah General OFMConv dimana terdapat makam Rasul Philipus dan Yakobus Kecil.

Selamat melayani Gereja di Kesuskupan Agung Genoa, Italia yang kaya akan tradisi dan yang membutuhkan figur yang sederhana dan siap melayani dengan rendah hati.

Fr. Fictorium Natanael Ginting, OFMConv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here