Prof. Sihol Situngkir: Awam Pertama Jadi Rektor Unika St. Thomas Medan

128
Prof. Sihol Situngkir (ketiga dari kanan) usai dilantik jadi Rektor Unika St. Thomas Medan/Dok. pribadi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM-PROF. Dr. Drs. Sihol Situngkir MBA menjadi rektor awam pertama dalam sejarah berdirinya Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas Medan.

Jika rektor-rektor terdahulu selalu dari kaum hierarki (kaum tertahbis), kini Prof. Sihol menjadi rektor dari kalangan awam pertama yang dilantik pada Rabu, 15/7/2020 di Convention Hall Bina Media Perintis Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam pidato pengukuhannya sebagai rektor ketujuh, ia berjanji akan membawa banyak perubahan di Unika Santo Thomas Medan. Pria kelahiran Samosir, 5 Februari 1959 ini berusaha menyelesaikan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.

“Dengan beban berat ini, kami akan berusaha dan berupaya membawa Unika Santo Thomas semakin diperhitungkan di dunia pendidikan lewat program-program konstruktif yang telah disiapkan. Tentu hal ini butuh sinergitas dengan banyak pihak sebagai wujud kontribusi melalui dunia pendidikan,” ujar rektor periode 2020-2024 ini.

Sihol melanjutkan, dalam program kerjanya, ia akan mendirikan sebuah platform strategis yang bisa dimanfaatkan tak hanya untuk mahasiswa Unika Santo Thomas tetapi juga mahasiswa lain di Sumatera Utara (Sumut). “Saya mau membangunkan semua Perguruan tinggi di Sumut. Di mana konsep Equality of Education for All harus kita realisasikan bersama,” katanya.

Prof. Sihol Situngkir membawakan sambutan /Dok. pribadi

Acara pelantikan ini diawali dengan Misa yang dipimpin Pastor Erwin Manullang OFM Cap. Dalam pesannya, imam Kapusin ini mengharapkan agar rektor terpilih bisa menjadi promotor utama bagi pengembangan pendidikan di Sumut. Menurutnya, pendidikan menjadi kunci utama dalam kesuksesan maka itu dibutuhkan tenaga-tenaga profesional yang terpanggil untuk mengembangkan garda depan bangsa ini.

Usai Misa dilanjutkan dengan rentetan acara ada doa pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hening Cipta, dan mars Unika St. Thomas “Omnibus Omnia”. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Yayasan Santo Thomas tentang  Pengangkatan Rektor Universitas Katolik Santo Thomas Masa Jabatan 2020-2024 oleh Sekretaris Yayasan Santo Thomas Simon Petrus Ginting.

Berikutnya, pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Yayasan Santo Thomas Firman Simbolon dan pembacaan sumpah jabatan dan pembacaan pakta integritas oleh rektor terpilih yang baru dilantik Sihol Situngkir. Lalu dilanjutkan serah terima jabatan rektor dari Plt Rektor Posman Sibuea. Pelantikan ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada tetamu undangan, pembacaan doa dan makan bersama.

Prof. Sihol Situngkir (ketiga dari kanan) usai dilantik jadi Rektor Unika St. Thomas Medan/Dok. pribadi

Turut hadir Inspektur Provinsi Sumut Lasro Marbun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto Butarbutar, mewakili Uskup Agung Medan Kornelius Sipayung yakni Pastor Erwin Manullang, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, unsur Forkopimda Sumut dan Medan.

Juga Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Ketua Panitia Zakarias Situmorang, pengurus yayasan, para pendeta dan pastor kampus, civitas akademika Universitas Katolik Santo Thomas dan perwakilan universitas di Medan.

Yusti H. Wuarmanuk

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here