Menteri Agama RI Apresiasi Pengangkatan Kardinal Suharyo

213
Menteri Agama RI Apresiasi Pengangkatan Kardinal Suharyo
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.comCukup lama setelah momentum pengangkatan Kardinal Ignatius Suharyo sebagai wakil Indonesia pertama dalam keanggotaan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama pada Selasa, 7 Juli 2020, Menteri Agama RI, Fachrul Razi baru mengungkapkan apresiasinya.

“Ini bentuk apresiasi tinggi Paus Fransiskus terhadap otoritas keagamaan Kardinal asal Indonesia, dan sekaligus kepercayaan terhadap kerukunan kehidupan beragama di negeri kita,” ujarnya dalam siaran pers yang telah beredar pada Rabu, 22 Juli 2020.

Ia mengucapkan selamat serta berharap Kardinal Suharyo bisa mengemban kepercayaan ini dengan baik dan dengan pengangkatan ini, semoga menjadi sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk menebarkan nilai-nilai religiusitas dalam Pancasila kepada dunia dimana Pancasila menjadi salah satu misi moderasi beragama “Semoga toleransi beragama di Indonesia terus berkembang, dan perdamaian dunia terwujud berkat partisipasi Indonesia,” tandasnya.

Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama memiliki tanggung jawab mengupayakan saling pengertian, saling menghormati, dan meningkatkan kerja sama antara umat Katolik dengan umat beragama lainnya di berbagai belahan dunia.

Pengangkatan Kardinal Suharyo dilakukan Paus Fransiskus di Vatikan, berdasarkan surat keputusan pada Selasa, 23 Juni 2020 yang disampaikan oleh Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot selaku Presiden Dewan Kepausan Dialog Antar Agama. Selain itu, Jumat, 21 Februari 2020, Paus Fransiskus juga mengangkat beberapa orang menjadi anggota Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa, salah satu yang terpilih adalah Kardinal Suharyo.

Karina Chrisyantia 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here