Paus Fransiskus Ajak OMK Peduli Lansia

55
Flyer untuk kampanye "Lansia adalah kakek-nenekmu"| Dok. Vatican News
Paus Fransiskus Ajak OMK Peduli Lansia
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM Pada hari Minggu Paus Fransiskus mengundang orang muda di seluruh dunia untuk menunjukkan sikap lemah lembut kepada lansia, sebab banyak dari mereka terpaksa mengasingkan diri demi protokol kesehatan covid-19. Merespon hal itu, Dikasteri Awam, Keluarga, dan Hidup Vatikan menjawab panggilan itu dengan meluncurkan kampanye “Lansia adalah Kakek-Nenekmu”.

Dalam sebuah komunike yang dirilis pada hari Senin. Dikasteri ini mengundang semua orang muda untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan kebaikan serta kasih sayang bagi orang tua yang mungkin merasa kesepian. Pernyataan itu berbunyi demikian, “Pandemi telah menghantam lansia dengan sangat keras dan telah memutus hubungan yang sudah lemah antar generasi. Namun, menghormati aturan jarak sosial tidak berarti menerima nasib kesepian dan pengabaian.”

Kemudian dikasteri ini memberikan contoh nyata bagaimana memberikan perhatian kepada lansia secara konkret. Perhatian itu bisa diberikan melalui telepon dan internet dan bahkan beberapa melakukan sedikit atraksi pertunjukan untuk menghibur penghuni panti jompo. “Orang muda telah melakukan hal tersebut untuk membantu meringankan kesepian yang dirasakan oleh banyak orang akibat isolasi mandiri,” sebut komunike itu.

Oleh karena peraturan kesehatan tetap berlaku di banyak daerah untuk melindungi orang tua, Dikasteri ini lalu mendesak Orang Muda Katolik (OMK) untuk mengirimkan pelukan kepada orang tua di paroki atau lingkungan yang mungkinmengalami kesepian. Pelukan itu dapat dikirimkan melalui telepon, video, atau dengan mengirim gambar. “Sedapat mungkin kami mengundang orang muda untuk membuat pelukan ini semakin konkret dengan mengunjungi lansia secara langsung,” tutur komunike.

Orang muda pun didorong untuk membagikan upaya penjangkauan kepada lansia melalui media sosial dengan menuliskan hasthag #sendyourhug di tiap postingan tersebut. Postingan terbaik akan dibagikan di akun media sosial Dikasteri Awam, Keluarga, dan Hidup @laityfamilylife.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here