Paska Penyerangan Katedral Managua, Paus Fransiskus Kirim Pesan Solidaritas

231
Lokasi terjadinya pelemparan bom molotov di Katedral Perawan Tak Bernoda, Keuskupan Agung Managua (Dok. Twitter/ Uskup Auksilier Managua Silvio José Báez)
Paska Penyerangan Katedral Managua, Paus Fransiskus Kirim Pesan Solidaritas
4 (80%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM Paus Fransiskus menghibur umat Katolik di Nicaragua, Amerika Tengah dengan mengirimkan pesan kepada Uskup Agung Managua, Kardinal Leopoldo Brenes.

“Saudaraku yang terkasih, saya menemani Anda dalam kesedihan karena tindakan yang tidak tepuji ini dan saya dekat dengan Anda. Saya berdoa untuk Anda semua,” pesannya. Kardinal Brenes membacakan pesan Paus dan menunjukkannya di video saat Misa pada hari Minggu. Sekaligus menjadi bagian dari Hari Keheningan dan Doa yang diselenggarakan setelah serangan terhadap katedral.

Seperti yang dilansir dari Vaticannews, Jumat 31 Juli 2020, seseorang yang tidak dikenal memasuki Katedral Managua dan melemparkan bom molotov ke sebuah salib berusia 400 tahun. Salib itu terbakar habis. Petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api. Beruntung, Jumat itu tidak ada korban jiwa.

Salib yang hangus di Katedral Managua (Dok. Vatikan Media)

Kardinal Brenes menyebut insiden ini sebagai aksi terorisme. Dalam sebuah pernyataan, Keuskupan Agung Managua mengatakan serangan ini sunggu menyedihkan, menyinggung dan sangat melukai semua umat Katolik di Nikaragua.

Selain dari Paus Fransiskus, Kardinal Brenes juga menerima banyak pesan solidaritas dari banyak orang. Termasuk dari Nuncio di Nikaragua, Uskup Agung Madrid dan Kardinalnya, Carlos Osoro Sierra. Beberpa pesan juga telah didapatkan dari berbagai ordo keagamaan dan universitas Katolik.

Kardinal Brenes menyerukan pengampunan untuk pelaku. “ Kami menunjukkan bahwa musuh-musuh Gereja dapat menghancurkan gambar-gambar suci tetapi kami berpegang teguh pada Tuhan yang mengasihi kita, Tuhan yang penuh belas kasih dan cinta.”

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here