Paus Fransiskus Tunjuk 6 Perempuan Awam Jadi Penasihat Dewan Keuangan

292
Enam perempuan terpilih di Dewan Ekonomi Vatikan| Gambar dirangkum dari berbagai sumber| kreasi HIDUP/Felicia Permata Hanggu
5/5 - (4 votes)

HIDUPKATOLIK.COMPaus Fransiskus membentuk Dewan Ekonomi pada 24 Februari 2014, dengan Surat Apostolik “Fidelis dispensator et prudens”. Tugas Dewan ini adalah untuk mengawasi pengelolaan ekonomi lembaga, bersama dengan kegiatan administrasi dan keuangan, dari Dikasteri Kuria Romawi, serta Lembaga-lembaga yang berhubungan dengan Takhta Suci dan Negara Kota Vatikan.

Dewan ini terdiri dari 15 Anggota, delapan di antaranya dipilih dari antara para Kardinal dan Uskup, untuk mencerminkan universalitas Gereja seperti dilansir vaticanews. Tujuh lainnya adalah ahli dari berbagai negara, dengan keahlian keuangan dan kredensial profesional yang diakui. Kardinal Reinhard Marx, Uskup Agung Munich dan Freising, akan tetap menjadi koordinator Dewan Ekonomi. Kardinal Wilfrid Fox Napier, Uskup Agung Durban, juga akan tetap menjadi Anggota sampai ulang tahunnya yang ke-80.

Pada hari Kamis, Paus Fransiskus menunjuk para Kardinal berikut: Péter Erdő, Uskup Agung Esztergom-Budapest; Odilo Pedro Scherer, Uskup Agung São Paulo; Gérald Cyprien Lacroix, Uskup Agung Québec; Joseph William Tobin, Uskup Agung Newark; Anders Arborelius, Uskup Stockholm; dan Giuseppe Petrocchi, Uskup Agung L’Aquila.

Dia juga menunjuk orang awam berikut untuk Dewan ini: Charlotte Kreuter-Kirchhof, Eva Castillo Sanz, Leslie Jane Ferrar, Marija Kolak, Alberto Minali, María Concepción Osákar Garaicoechea, dan Ruth Maria Kelly.

Biografi singkat dari Anggota awam:

  1. Dr. Charlotte Kreuter-Kirchhof (Jerman)
dok. Universitas Heinrich-Heine Dusseldorf

Belajar Hukum di Universitas Heidelberg, Genf dan Tubingen. Sejak 2016 Profesor Hukum Publik Jerman dan Asing, Hukum Internasional dan Eropa di Fakultas Yurisprudensi, Universitas Heinrich-Heine Dusseldorf. Ketua Hildegaris Association, sebuah gerakan perempuan Katolik di Jerman mendukung pelajar perempuan yang membutuhkan.

 

  1. Marija Kolak (Jerman)
Dok. Die Hoffotografen GmbH Berlin

Memiliki karir yang luar biasa dengan Berliner Volksbank di mana ia memegang berbagai posisi. Mengambil Program Manajemen Lanjutan di Harvard Business School, Boston AS, dan saat ini menjabat sebagai Presiden Bundesverband der Deutschen Volksbanken und Raiffeisenbanken, Berlin. Menikah dengan tiga anak.

 

  1. Maria Concepcion Osacar Garaicoechea (Spanyol)
Dok. elespanol.com

Lahir di Lecaroz, Navarra, Spanyol, ia adalah mitra pendiri Azora Group dan Presiden Dewan Azora Capital dan Azora Gestion, SGIIC. Azora adalah manajer investasi independen yang berbasis di Spanyol, yang mengkhususkan diri pada aset dan energi nyata. Wali Amanat ICO Foundation (Official Credit Institute), anggota Dewan Pengurus APD (Association of Management Progress). Anggota Dewan Penasihat Think Tank Institucion Futuro. Sebelumnya Wakil Presiden Santander Central Hispanico Activos Immobiliarios dan Presiden Banif Immobiliaria serta Presiden INVERCO (Asosiasi Lembaga Investasi Kolektif dan Dana Pensiun) dan anggota Dewan Banca Civica. Dia memiliki gelar sarjana hukum dari Universitas Autonoma de Madrid, gelar MBA dari IE dan PDG IESE dari Universitas Navarra. Menikah dengan dua orang putri.

 

  1. Eva Castillo Sanz (Spanyol)
Dok. elespanol.com

Memperoleh gelar Sarjana Hukum dan Studi Bisnis dari Universitas Kepausan Comillas (E-3) di Madrid, Spanyol. Saat ini menjabat sebagai Direksi Bankia S.A; Dewan Direksi Zardoya Otis S.A; dan Dewan Pengawas Fundación Comillas-ICAI dan Fundación Entreculturas. Sebelumnya pernah menjabat di posisi berikut: anggota Dewan Direksi Telefónica, S.A; Presiden Dewan Pengawas Telefónica Deutschland Holding, AG; anggota Dewan Pengawas Fundación Telefónica; Presiden dan CEO Telefónica Europa; anggota Komite Eksekutif Telefónica, S.A; dan Presiden Dewan Pengawas Telefónica Republik Ceko, a.s. Bertindak sebagai Direktur Independen Visa Europe Limited dan Old Mutual, Plc., Serta Direktur Merrill Lynch Private Banking untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA); dan Presiden Merrill Lynch Spanyol dan Portugal.

 

  1. Ruth Mary Kelly (Inggris)
Dok. .stmarys.ac.uk

Bertugas di Pemerintahan Perburuhan antara 2004-2008 sebagai Sekretaris Negara untuk Pendidikan dan kemudian bergabung dengan HSBC Global Asset Management sebagai Global Head of Client Strategy. Saat ini memegang posisi Wakil Rektor untuk Riset dan Perusahaan di Universitas St. Mary, Twickenham di barat daya London.

 

  1. Leslie Jane Ferrar (Inggris)
PA Archive/PA Images

Seorang Komandan Royal Victorian Order, ia adalah Bendahara Charles, Prince of Wales, dari Januari 2015 hingga Juli 2017. Ia menempuh pendidikan di Harvard Business School dan University of Durham. Saat meninggalkan Rumah Tangga Kerajaan ia telah mengambil sejumlah peran non-eksekutif dan wali.

 

  1. Alberto Minali (Italia)
Dok. La Cronaca de Verona

Lahir di Verona pada tahun 1965 dengan gelar dari Bocconi di bidang Ekonomi Politik, serta berspesialisasi di Universitas Yale dan Universitas Brandeis, Boston. Pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal dan Direktur Keuangan Investasi di ‘Gruppo Generali’ dan Direktur Investasi Grup Eurizon. Mantan CEO Gruppo Cattolica Assicurazioni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here