Kardinal Tagle Terpapar Covid-19

307
Kardinal Luis Antonio G. Tagle saat memimpin Misa di Manila, Filipina.
[news.mb.com.ph]
Kardinal Tagle Terpapar Covid-19
4 (80%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM— Prefek Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa- Bangsa dan kolaborator dekat Paus Fransiskus, Kardinal Luis Antonio Tagle, dinyatakan positif terkena virus korona. Hal ini disampaikan Kantor Pers Takhta Suci pada hari Jumat, 12/9/2020. Konfirmasi ini datang setelah dilakukan tes usap.  “Kardinal Tagle benar dinyatakan positif Covid-19 dengan tes usap yang dilakukan kemarin pada saat kedatangannya di Manila,” sebut pernyataan singkat oleh Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni. Dengan demikian Kardinal asal Filipina yang merupakan Presiden Caritas Internasional, sebuah badan amal Katolik sedunia ini, menjadi Prefek pertama di dikasteri Vatikan yang terpapar Covid-19.

Diketahui Kardinal Tagle kembali ke negara asalnya Filipina untuk berkunjung ke sana dan dinyatakan positif setibanya di Manila pada Kamis, 10/9/2020, tanpa menunjukkan gejala apa pun. Lebih lanjut Matteo mengatakan Vatikan sekarang menjangkau mereka yang diketahui telah melakukan kontak dengan Kardinal Tagle dalam beberapa hari terakhir. Ia juga mengatakan bahwa Kardinal berusia 63 tahun sebelumnya telah menjalani tes pada 7 September di Roma, dengan hasil negatif, menunjukkan bahwa kemungkinan penularan virus terjadi dalam waktu singkat.

Kardinal Tagle terakhir kali diketahui bertemu dengan Paus Fransiskus pada 29 Agustus, ketika Paus menerimanya untuk kunjungan resmi dalam perannya sebagai Prefek Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa. Ia sebelumnya menjabat sebagai Uskup Agung Manila dari 2011-2019. Paus Fransiskus mengangkatnya ke peran barunya pada bulan Desember, menunjuk sang kardinal untuk memimpin salah satu dikasteri Vatikan yang bertanggung jawab untuk mengatur kehadiran Gereja Katolik di negara berkembang.

Kardinal Tagle dikenal karena sikapnya yang ramah dan murah hati, telah secara luas dilihat sebagai calon Paus di masa depan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here