Enam Bulan Tutup, Katedral Manila Dibuka Kembali Untuk Umum

62
Katedral Manila (Dok.Abs cbn)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM – Setelah 6 bulan ditutup karena pembatasan sosial pandemi Covid-19, kini pintu gereja Induk Filipina itu telah dibuka kembali untuk umum pada hari ini Rabu, 16/9.

Pembukaan Gereja Katolik Metropolitan Cathedral of the Immaculate Conception, yang biasa dikenal sebagai Katedral Manila ini merupakan bagian dari pelonggaran pembatasan pertemuan keagamaan di Metro Manila yang diumumkan oleh otoritas pemerintah setempat.

“Katedral Manila, gereja induk negara ini menyambut anda kembali ke dalam Perayaan Ekaristi, saat pintu gereja kami buka untuk umum mulai Rabu, 16 September 2020,” tulis sebuah postingan di laman Facebook Katedral, seperti dilansir Vaticannews, 14/9.

Gereja Katedral Manila memiliki kapasitas 800 orang. Meskipun demikian, tetap memperhatikan aturan pemerintah yang hanya memperbolehkan 10 persen dari kapasitasnya, mengingat kawasan ibukota negara masih dalam masa karantina masyarakat umum.

“Oleh karena itu, hanya 80 orang yang diizinkan masuk untuk setiap Misa, dengan prinsip siapa cepat dia dapat. Dan selama Misa hari Minggu, umat juga bisa tinggal di Plaza Roma, di mana komuni juga akan dibagikan,” lanjut postingan tersebut.

Katedral juga menyediakan jadwal Misa harian dengan tetap mewajibkan penggunaan masker dan pelindung wajah di dalam gereja.

Misa juga disiarkan secara langsung

Untuk umat beriman yang tidak bisa dating langsung ke gereja, semua Misa (baik Misa Harian, maupun Misa Hari Minggu), akan tetap disiarkan secara langsung di laman Facebook dan kanal YouTube Katedral.

Sejak Maret lalu, perayaan Misa publik ditangguhkan ketika seluruh dunia menghadapi wabah virus korona. Dan pada Selasa, 8/9 lalu, Katedral Manila membuka pintunya untuk umum selama satu hari itu untuk merayakan Pesta Kelahiran Perawan Maria yang Terberkati.

Angka kematian di Filipina per Senin, 14/9 tercatat mencapai 259 kematian. Angka ini merupakan tertinggi dalam satu hari sejak munculnya wabah Covid-19. Jumlah korban tewas di negara itu mencapai 4.630 orang. Dan dengan 4.699 infeksi baru pada Senin 14/9, maka jumlah kasus melonjak menjadi 265.888. Dari jumlah itu dilaporkan, 154 – atau 59 persen – terjadi di Metro Manila.

Katedral Manila

Katedral Manila adalah gereja pusat Keuskupan Agung Manila. Kardinal Luis Antonio Tagle adalah mantan Uskup Agung Keuskupan Agung Manila sebelum mendapat tugas baru di Vatikan. Kini uskup Auksilier, Broderick Pabillo sebagai Vikaris Apostolik.

Katedral Manila, dalam sejarahnya, telah dikunjungi oleh dua Paus. Santo Yohanes Paulus II adalah Paus pertama yang merayakan Misa di sana, pada 17 Februari 1981. Paus Fransiskus merupakan paus kedua yang mengunjungi sekaligus merayakan misa Kepausan pertamanya di gereja itu pada 16 Januari 2015 silam selama kunjungannya ke Asia, Sri Lanka dan Filipina.

Herman Bataona,CMF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here