Kurang dari 40 tahun, Serikat Sabda Allah Utus 400-an Misionaris ke Luar Negeri

295
(Dok. Seminari Ledalero)
Kurang dari 40 tahun, Serikat Sabda Allah Utus 400-an Misionaris ke Luar Negeri
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM— Serikat Sabda Allah atau Societas Verbi Divini (SVD) telah hadir di Tanah Air sejak seabad yang lalu, tepatnya pada tahun 1912. Kini, tarekat religius ini mememiliki empat provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi Ende, Provinsi Timor, Provinsi Ruteng, dan Provinsi Jawa.

Salah satu spiritualitas SVD adalah spiritualitas misoner. Kongregasi yang didirikan St. Arnoldus Janssen ini turut mengambil bagian dalam tugas perutusan, mewartakan Sabda Allah sebagai misionaris.

Mulanya, misionaris SVD datang ke Indonesia dari Eropa. Namun, setelah 70 tahun berkarya di Tanah Air, SVD Indonesia mulai mengutus misionaris pertamanya keluar negeri. Anggota Dewan Provinsial SVD Ende, Pater Eman Embu, SVD, menuturkan, SVD Indonesia mengutus dua misionaris pertamanya pada 1983 ke Papua New Guinea. “Dihitung dari tahun itu, maka pada 2023, SVD Indonesia akan merayakan panca windu pengutusan misionaris ke luar negeri. Dalam kurun waktu itu, sudah ada 400-an misionaris SVD yang diutus ke luar negeri,” kata Pater Eman dalam Misa Syukur 25 Tahun Imamat, Pater Yosef Keladu Kotten, SVD, di Gereja Stasi St. Yosef Lewotobi, Flores Timur pada Sabtu, 19/9.

Pater Eman menambahkan, syukuran 40 tahun ini sedang disiapkan. Menurutnya, perayaan panca windu tersebut bukan hanya menjadi syukur dan perayaan SVD, tetapi syukur dan perayaan umat, khususnya umat di Flores dan Timor, khususnya umat yang telah mengutus misionaris-misionaris dari tengah keluarga-keluarga dan paroki-paroki mereka.

Pater Yosef Keladu yang merayakan perak imamatnya itu pun pernah menjadi misionaris di Caribia, Amerika Serikat. Kini, selain mengajar, menulis, dan meneliti, Pater Yosef juga melayani sebagai staf pimpinan STFK Ledalero sekaligus Wakil Rektror Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero.

Ledalero menjadi rumah besar bagi pendidikan calon imam. Melansir Omnis Terra, Seminari Tinggi Ledalero adalah seminari terbesar di dunia. Per 19 September 2019, ada 72 imam dan bruder, 214 frater, serta 70 frater yang baru datang dari Novisiat SVD Nenuk di Timor dan Novisiat SVD Kuwu di Manggarai, juga 80 frater yang sedang berada di tempat praktek orientasi pastoral.

Hermina W.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here