Yuk, Doa Rosario Via Instagram

193
Para Admin Rosary of Life
Yuk, Doa Rosario Via Instagram
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM – BERDOA Rosario dengan perantaraan Bunda Maria, Bunda Tuhan Yesus, adalah tradisi lama orang Katolik. Umat mendaraskan Doa Rosario sendiri setiap hari di rumah, bersama keluarga, sahabat, atau dalam komunitas seperti lingkungan/kring/stasi. Lebih khusus lagi selama Bulan Maria (Mei) dan Bulan Rosario (Oktober), saat khusus devosi atau penghormatan Gereja Katolik kepada Bunda Maria.

Pandemi sekarang ini yang masih berkepanjangan, tidak menghalangi semangat umat berdoa Rosario. Orang Muda Katolik (OMK) menggagas Doa Rosario menggunakan aplikasi Instagram (IG) yang dimiliki hampir semua OMK zaman now. Dengan jaringan internet, para OMK di mana saja dapat saling terhubung untuk doa Rosario bersama. Rosary of Life (RoL) sudah live sejak Sabtu 20 Juni 2020, bertepatan dengan Peringatan Wajib Hati Tersuci Santa Perawan Maria.

Adalah Angela Januarti, seorang OMK yang saat ini bekerja di Sintang, Kalimantan Barat, yang tergerak hatinya membentuk RoL dalam bahasa Indonesia di IG. Angela terinspirasi saat berdoa Rosario secara live di IG @manyhailmarysatatime. Nama RoL muncul saat Angela mengikuti misa live streaming. Untuk mengelola akun IG Rosary of Life, Angela mengajak rekannya Evitania Rosalia.

Dengan tagline “Berdoa Rosario bersama untuk saling menguatkan melalui doa”, RoL ingin merangkul sebanyak mungkin OMK (umur 15-35 tahun) berdoa Rosario secara live menggunakan IG. Dalam waktu singkat, RoL sudah berhasil berdoa Rosario bersama lebih dari 100 orang dari beberapa tempat. Admin yang mengelola IG RoL pun menjadi empat yakni Angela, Evitania, Ronald, dan Viani.

Doa Rosario bersama RoL berlangsung setiap malam, mulai pukul 19.00 WIB, tanpa putus sejak awal, peserta tetapnya pun terus bertambah. Melalui doa Rosario, para peserta diajak merenungkan kembali kisah-kisah yang dialami Tuhan Yesus dan Bunda Maria dalam Peristiwa Gembira, Peristiwa Sedih, Peristiwa Mulia, dan Peristiwa Terang. Doa Rosario dipimpin oleh salah satu dari 4 Admin IG RoL.

Banyak OMK yang antusias saat mengekspresikan imannya melalui doa Rosario secara live. Tidak hanya itu, selesai doa Rosario bersama, para peserta juga dapat sharing pengalaman masing-masing. Terhubung dengan banyak orang baru melalui peserta yang ikut live, suara OMK didengar dan dikuatkan. OMK juga bergaul dengan kenalan seiman, siapa tahu itulah bakal jodoh mereka.

Tema-tema yang dibahas dalam RoL adalah aktivitas sehari-hari, mulai dari pekerjaan hingga pelayanan peserta live dalam komunitas umum dan gereja. Peserta pun berbagi suka duka perjalanan hidup mereka yang memberikan pelajaran berharga bagi mereka pribadi dan orang-orang yang mendengarkannya. Selain itu, ada pula pengalaman berdoa Rosario di waktu kecil dan pengalaman berkesan dari kedekatan mereka dengan Bunda Maria. Admin IG dan para peserta yang datang dari pelbagai latar belakang senantiasa menjadikan RoL live semakin heboh, karena umumnya spontan, terus terang, tapi tak ada yang baperan.

Sesekali RoL juga menghadirkan senior dan profesional untuk berbagi pengalaman iman, pendidikan, karier, perjalanan, bahkan suka-duka hidup berkeluarga. Ada pula kaum religius yang membagikan pengalaman panggilan mereka. Semua peserta bisa saling bertanya-jawab sehingga menjadikan RoL sebuah komunitas maya yang sangat dinamis.

Dengan bertambahnya peminat, RoL ingin memperkaya akun IG mereka dengan konten seputar Bunda Maria dan Doa Rosario, baik berbentuk tulisan, foto, dan video. Tujuannya adalah agar para peserta RoL terus diperkaya dengan informasi ajaran gereja dan umum tentang Bunda Maria dan Doa Rosario.

Ayo gabung IG Rosary of Life dan ikut Berdoa Rosario bersama mulai malam ini juga.

Cosmas Christanmas, Kontributor Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here