Ordo Karmel Indonesia Terlibat Merawat Keutuhan Alam Ciptaan

60
Para frater kaul sementara terlibat dalam merefleksikan persoalan-persoalan lingkungan lewat Season of Creation/Fr. Gery, O.Carm
Ordo Karmel Indonesia Terlibat Merawat Keutuhan Alam Ciptaan
5 (100%) 1 vote

­­­­HIDUPKATOLIK.COM– AWAL September-4 Oktober 2020, Paus Fransiskus mengajak dunia untuk berefleksi tentang keutuhan alam ciptaan dalam momen season of creation. Paus juga mengikutkan sekelompok perhimpunan internasional seperti Federation of Asian Bishops’ Conferences (FABC) agar merangkul Gereja-gereja setempat untuk ambil bagian dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup.

Tak hanya kelompok perhimpunan itu, komunitas-komunitas religius juga terlibat dalam gerakan tersebut. Inilah alasan Ordo Karmel Indonesia bersama Perkumpulan Darma Laksana (Carmelite NGO Indonesia) dan Institut Karmel Indonesia (IKI), para para frater kaul sementara terlibat dalam merefleksikan persoalan-persoalan lingkungan lewat Season of Creation, Rabu-Kamis, 2-3/9/2020.

Romo Edoardo, O. Carm sebagai pemateri mengatakan, gerakan season of creation ini diadakan karena banyak orang di dunia merasakan perubahan ekstrem pada lingkungan akibat kerusakan alam. “Dengan demikian, gerakan season of creation hendak membangun kesadaran setiap orang akan kondisi dunia sebagai rumah mereka yang sedang dalam kekacauan akibat tindakan manusia,” sebutnya.

Ia melanjutkan, setiap orang diajak untuk melihat bahwa orang-orang kecil menjadi korban karena tindakan pengrusakan alam tersebut. Para frater diharapkan memiliki kesadaran yang demikian sejak dini,” ujarnya.

Usaha membangun kesadaran para frater Ordo Karmel Indonesia dilakukan dengan serius dalam pembukaan season of creation. Para frater bersama-sama membicarakan permasalahan air yang mengkhawatirkan baik dalam lingkup lokal maupun global. Pemahaman ini semakin dipertajam dengan tayangan video penelitian oleh para profesional yang serius mempelajari tentang pengaruh air bagi dunia.

Berangkat dari keresahan yang dibahas, para frater berusaha mengkampanyekan bahwa air adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Mereka mengungkapkan pemikiran mereka dalam bentuk e-poster yang ditampilkan di media sosial. Pembuatan e-poster merupakan salah satu bentuk partisipasi konkret untuk mendukung gerakan season of creation.

Para frater serta Carmelite NGO Indonesia dan IKI masih akan melaksanakan aktivitas-aktivitas lain dalam rangka season of creation. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan seperti, melakukan doa singkat season of creation, mengikuti teleconference Season of Creation, menanam pohon di tempat karya Karmel.

Serangkaian gerakan di dalam Ordo Karmel Indonesia berusaha mendukung rencana Paus Fransiskus untuk memperbaiki dunia. Dalam kotbah Provinsial Ordo Karmel, Romo Ignatius Budiono, O.Carm mengingatkan bahwa sesuatu yang kecil seperti air akan sangat mahal karena menyangkut kehidupan manusia.

“Kesadaran terhadap situasi zaman dan dampaknya bagi kehidupan manusia, terutama mereka yang kecil perlu ditumbuhkan sejak dini melalui gerakan-gerakan bersama. Gereja secara universal pun tentu tidak akan tinggal diam apabila melihat sesamanya yang kecil menderita akibat kerusakan alam.” Sebutnya.

Yusti H. Wuarmanuk

Laporan: Fr. Gery, O.Carm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here