Makna 125 Tahun MSF: Satu Keluarga, Satu Perutusan

163
Pemimpin Umum MSF, Pater Agustinus Purnama, MSF (kanan) foto bersama usai Misa 125 tahun MSF di Roma dipimpin Kardinal João Bras de Aviz, Prefek Kongregasi untuk para Biarawan/ti (kiri) |Dok. Pribadi
Makna 125 Tahun MSF: Satu Keluarga, Satu Perutusan
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COMBARU saja Kongregasi Keluarga Kudus (Congregatio Missionarium A Sacara Familia/MSF) merayakan “Tahun Yubileum 125 Tahun Berdirinya MSF, 28 September. Pemimpin Umum MSF, Pater Agustinus Purnama, MSF dari Roma, Italia, mengirimkan  refleksinya atas perayaan penuh syukur ini.

Kapitel Umum memutuskan bahwa tahun 2020 kita rayakan Tahun Yubileum 125 tahun pendirian kongregasi kita dengan moto: “Putra-Putra Venerabile Pater Berthier – satu keluarga, satu perutusan.”

Semoga Tahun Yubileum ini, bagi kami, menjadi saat khusus untuk mengungkapkan rasa syukur kami, pertama-tama kepada Allah, kepada Pendiri namun juga kepada semua konfrater pendahulu, untuk menambah kesetiaan kreatif kepada kharisma Kongregasi MSF, untuk memohon kepada Allah rahmat panggilan-panggilan baru dan berdoa lebih intensif untuk beatifikasi Pater Pendiri Venerabilis Jean Baptiste Berthier MS.

Tanggal 28 September 2020 dijadikan tanggal puncak perayaan Tahun Yubileum untuk tarekat kami secara menyeluruh. Tetapi karena pandemik Covid-19 ada yang menunda puncaknya tanggal 28 September 2021. Inilah hari di mana kami genap merayakan 125 tahun tanggal Pendirian Kongregasi Para Misionaris Keluarga dari Kudus di Grave, Belanda, 125 tahun lalu.

Pater Berthier memberi institusinya nama Keluarga Kudus dengan maksud agar para anggota kongregasi ini meniru kesederhanaan dan familaritas Keluarga Kudus Nazareth, yang dengan mendengarkan dan mendalami Sabda Tuhan, membuat Tuhan kita, Yesus Kristus, Misionaris Bapa bertumbuh. Keluarga Kudus dengan demikian adalah model hidup kami. Kemudian, Pendiri sebagai Pelindung Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus memilih Bunda Maria dari La Salette, meminta kami, misionarisnya, untuk menghidupi dan menyebarkan pesan rekonsiliasi dan pertobatan.

Selama tahun 2020 ini ada tema bulanan untuk renungan/rekoleksi. Tujuannya adalah agar kami setia pada karisma Kongregasi MSF dengan cara yang kreatif, kami mengembangkan kehidupan komunitas kami dan cara-cara misi dan reksa pastoral kami untuk melayani dengan cara yang lebih baik, terutama mereka yang tinggal di pinggiran, yang terabaikan, yang paling membutuhkan, untuk kelestarian alam, dan  “yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil Tuhan Allah kita ”.

Dalam misi dan paroki kami menghendaki dan berjuang selalu secara lebih eksplisit mengembangkan tiga kerasulan khas Kongregasi MSF: kerasulan misionaris, kerasulan panggilan, dan kerasulan keluarga, dengan membantu dan dibantu oleh kaum awam dalam kerja-sama dalam gereja lokal.

Dalam kesatuan dengan Yesus, Maria dan Yusuf.

Editor: FHS 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here