Renungan Harian 2 Oktober 2020 “Wajah Bapa”

467
Renungan Harian 2 Oktober 2020 “Wajah Bapa”
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Pw Para Malaikat Pelindung, Kel. 23:20-23a; Mzm. 91:1-2, 3-4, 5-6, 10-11; Mat. 18:1-5.10

INJIL sering berbicara tentang malaikat, tetapi secara khusus, pernyataan Yesus yang membela anak-anak kecil pada hari ini memang sangat menyentuh hati. “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga.” (Mat 18:10). Mulanya penghormatan kepada para Malaikat Pelindung dikaitkan dengan kultus Santo Mikhael, Sang Malaikat Agung. Baru sejak abad XVI mulai dirayakan pestanya secara
tersendiri dalam banyak Gereja.
Kisah keselamatan mencapai setiap orang dalam situasinya yang konkret, seperti janji yang diungkapkan dalam Bacaan Pertama: “Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan (Kel. 23:20, bdk. ay. 23). Janji itu terwujud bagi umat pilihan, bagi Gereja, bagi setiap komunitas dan setiap orang secara pribadi. Itulah sebabnya banyak orang kudus yang mempunyai keakraban dan devosi yang mendalam kepada malaikat-malaikat pelindung mereka.
Dewasa ini pun para Malaikat Pelindung masih diperingati dalam Gereja karena menyediakan kenangan akan sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here